Xiaomi Luncurkan Redmi Go, Ponsel Pintar Harga Rp 800 Ribuan

Xiaomi Resmi Luncurkan Redmi Go, Ponsel Pintar Harga Rp 800 Ribuan. Photo: Net/Ist.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Xiaomi resmi merilis Redmi Go sebagai ponsel murah berbasis sistem operasi ringan Android Go. Ponsel ini dklaim mampu menghemat ruang penyimpanan serta penggunaan paket data.

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (07/03/2019), kehadiran Redmi Go merupakan cara Xiaomi dalam memperluas pilihan ponsel entry-level. Perangkat tersebut bisa menjadi pilihan yang cocok buat para pengguna yang ingin mengganti feature phone ke ponsel pintar yang praktis dengan harga terjangkau.

Dilansir Antaranews, Rabu (06/03/2019), Kepala Xiaomi Indonesia, Steven Shi, dalam keterangan pres di Jakarta, mengatakan, Xiaomi Redmi Go berjalan dengan Android Go berbasis Oreo. Perangkat jenis ini biasanya membidik orang-orang yang baru beralih ke ponsel pintar.

Ponsel murah dari Xiaomi ini mengusung layar 5 inci dari panel LCD dengan rasio perbandingan layar 16:9, dan ditenagai oleh chipset dari Qualcomm, Snapdragon 425 yang didukung CPU Adreno 308.

Ada dua varian RAM yang disediakan Xiaomi untuk ponsel ini, yakni konfigurasi 1GB + 8GB serta 1GB + 16GB yang bisa ditingkatkan sampai 128GB dengan kartu memori. Selain itu, Xiaomi Redmi Go juga dibekali sensor 8MP pada kamera belakang dengan bukaan f/2.0, sedangkan untuk kamera selfie sebesar 5MP.

Ponsel ini hadir dalam dua varian warna, hitam dan biru. Ini memang cukup minimalis dengan spesifikasi yang tidak terlalu istimewa, mengingat ponsel ini dijual dengan harga sangat terjangkau.

Smartphone dari Xiaomi ini dibandrol harga sebesar Rp 899.000 untuk varian 1GB + 8GB yang akan dijual pertama kali secara online melalui flash sale pada situs e-commerce tanggal 11 Maret mendatang. Sementara, untuk penjualan secara offline dilakukan di sejumlah gerai resmi Mi Store maupun mitra Xiaomi mulai tanggal 20 Maret 2019.

Sebagai informasi, Android Go adalah program khusus bagi smartphone murah dengan spesifikasi rendah. Bahkan, Google sendiri telah merilis beberapa aplikasi ringan yang dikhususkan untuk ponsel tersebut, seperti Maps Go, Youtube Go, dan Gmail Go.

Redmi Resmi jadi Sub-Brand Xiaomi

Sebelumnya, situs web resmi milik raksasa teknologi asal China, Xiaomi, telah mengumumkan bahwa Redmi sudah resmi menjadi brand sendiri atau sub-brand. Smartphone seri Redmi milik Xiaomi itu dikenal dengan harga yang dibanderol lebih murah.

Selain itu, Presiden Xiaomi, Lin Bin, sebelumnya juga mengonfirmasi bahwa pihaknya bakal melahirkan ponsel dengan kamera 48 MP. Ponsel tersebut tentunya akan menjadi pesaing Honor View 20 yang memiliki kamera 48 MP dan ini sudah diungkap pada Desember 2018 lalu.

Redmi memang bukan merupakan sub-brand pertama Xiaomi, karena di tahun lalu juga perusahaan ini telah meluncurkan Pocophone.

Sebagai informasi, selain harganya cenderung lebih murah, ponsel Xiaomi Redmi juga identik dengan ketahanan baterai yang diklaim luar biasa dengan daya yang besar. Seperti halnya Redmi Note 5 Pro yang rilis tahun 2018, dan Redmi 6 Pro yang belum lama ini diluncurkan.

Serial tersebut telah membantu Xiaomi jadi melambung hingga menduduki posisi teratas di papan peringkat merek ponsel di negara China. (Eva/R3/HR-Online)