4 Cara Mudah dan Ampuh Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Ilustrasi bibir kering dan pecah-pecah. Foto: Screenshot Google

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Memiliki bibir yang kerap kering dan pecah-pecah menjadi masalah tersendiri bagi setiap orang. Meski hal ini terbilang lumrah karena hampir semua orang mengalami, namun Anda juga perlu mengantisipasinya untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Menurut para peneliti, keluhan kondisi bibir tersebut dipicu oleh struktur kulit bibir masing-masing orang yang berbeda. Selain itu, bisa juga karen faktor kekurangan cairan, kebiasaan menjilat bibir, menggigit bibir, serta karena jarang melakukan perawatan khusus bibir.

Untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, Anda bisa melakukan langkah-langkah sederhana dengan menggunakan bahan-bahan alami. Selain manjur, juga jauh dari resiko yang berlebihan jika dibanding dengan menggunakan bahan kimia. Berikut adalah langkah agar bibir Anda tetap sehat yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Menggunakan madu serta gula. Dalam langkah ini, Anda perlu mengangkat sel kulit mati pada bibir dengan cara eksfoliasi. Caranya, Anda bisa menggosokkan gula pada bibir dan setelah selesai balurkan madu. Sebaiknya lakukan langkah ini sebelum tidur dan madunya biarkan sampai pagi supaya meresap.

2. Menggunakan teh hijau. Apabila Anda tak punya gula dan madu, alternatif lainnya bisa menggunakan teh hijau. Anda bisa menggunakan teh yang ada dalam kantong teh clup. Caranya mudah, seduh teh tersebut dengan air hangat. Apabila sudah, tiriskan dan ambil daun tehnya. Jika sudah siap, gosoklah teh tersebut pada bibir anda hingga sel kulit mati pada bibir mengelupas

3. Masker timun. Alternatif lain untuk kesehatan bibir Anda juga bisa menggunakan timun. Caranya mudah sekali, tempelkan timun atau oleskan timun, jika dihancurkan terlebih dahulu, pada bibir Anda. Langkah ini agar bibir Anda lembab dan memberikan vitamin pada kulit. Jika sudah, kunci kelembapan bibir Anda dengan lip balm, bukan dibilas dengan air.

4. Minyak kelapa.Siapa yang tidak tahu manfaat minyak kelapa untuk perawatan tubuh. Nah, untuk bibir, minyak kelapa bisa membantu mencegah infeksi bakteri pada bibir yang pecah-pecah. Caranya mudah, Anda tinggal mengoleskan minyak kelapa pada seluruh bagian bibir. Baiknya dilakukan sebelum tidur.

Sebagai catatan, baiknya ketika bibir Anda kering dan pecah-pecah jangan dijilat. Pasalnya ini justru akan memperparah kondisi bibir Anda lantaran air liur akan mengambil kelembaban bibir saat kering. Sebaiknya minumlah air putih agar badan, termasuk bibir tetap terjaga dari dehidrasi. (Muhafid/R6/HR-Online)

Aegis Boost Pro