Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita Pangandaran5.552 Siswa SD di Pangandaran Ikuti USBN

5.552 Siswa SD di Pangandaran Ikuti USBN

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) secara serentak digelar di seluruh Indonesia, termasuk SD di Pangandaran.

Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Pangandaran, Agus Nurdin, menjelaskan, bahwa sebanyak 5.552 peserta yang terdiri dari 2.927 laki-laki dan 2.625 perempuan tingkat SD mengikuti USBN yang digelar sejak Senin (22/04/2019) kemarin. Dari jumlah tersebut, setidaknya 281 dari 282 yang menggelar ujian. Sedangkan 1 sekolah tidak melaksanakan ujian lantaran tidak ada kelas 6-nya.

“Untuk soal langsung didistribusikan ke masing-masing Korwil (koordinator wilayah). Jadi, selanjutnya itu tanggungjawab mereka masing-masing. Tapi kami memastikan bahwa soal tersebut masih dalam keadaan tersegel untuk menghindari kebocoran,” terangnya kepada Koran HR, Senin (22/04/2019).

Agus menambahkan, untuk soal sendiri terdiri dari pilihan ganda dan uraian. Adapun komposisinya, Agus menyebut 20-25 persen soalnya disiapkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, sedangkan 75-80 persen lainnya disiapkan oleh guru yang dikoordinasikan dengan Kelompok Kerja Guru (KKG) serta ke Disdikpora.

“Hasil USBN ini akan dijadikan sebagai pemetaan untuk mengetahui ketercapaian sekolah dalam mengembangan dan membina potensi peserta didik. Selain itu juga untuk perbaikan pembelajaran dalam proses penyelenggaraan pendidikan di sekolah sekolah,” pungkasnya.  

Sementara itu, Kasi SMP Disdikpora Pangandaran, Supri, mengatakan untuk UNBK tingkat SMP digelar pada 22-25 April 2019. Sedangkan UNBK untuk tingkat SMP ini diikuti oleh  53 sekolah dengan  jumlah peserta sebanyak 4.329 siswa.

“Khusus untuk  UNBK tingkat SMP di Pangandaran seluruhnya menggunakan komputer secara mandiri, dan ini baru pertama kalinya di Jawa Barat,” pungkasnya. (Entang/Koran HR)