5 Makanan yang Bisa Mengecilkan Perut

Ilustrasi. Foto: net/Ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Memiliki perut ideal dengan bentuk langsing menjadi dambaan hampir semua orang, apalagi kaum perempuan agar penampilannya terlihat menarik. Salah satu yang paling penting agar hal tersebut bisa terwujud, adalah dengan menjaga pola makan serta rajin berolahraga.

Dalam masalah makanan, sebagaimana dilansir dari Food Prevent, ada beberapa makanan dan minuman yang dapat mengecikan perut apabila dikonsumsi secara rutin. Di antaranya adalah:

  1. Mengkonsumsi mentimun. Makanan yang satu ini memang dikenal sangat segar, apalagi kandungan air di dalamnya bisa bermanfaat untuk mengurangi lemak pada perut. Tak hanya itu, kandungan dalam mentimun yang kaya akan serat juga merupakan kunci utama dalam proses pencernaan. Sedangkan kandungan dalam satu mentimun sebanyak 45 kalori.
  2. Ketumbar. Salah satu bumbu dapur ini memang lebih dikenal sebagai penambah rasa pada masakan. Namun siapa sangka bahan yang satu ini justru memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan, di antaranya karena kandungan antioksidan, vitamin, serta mineral penting. Diketahui kandungan tersebut dapat mengurangi retensi air yang dapat menurunkan berat badan.
  3. Lemon. Kadnungan vitamin C dalam buah ini berguna sebagai antioksidan yang dapat mengeluarka racun. Karena itu, jika racun dalam tubuh bisa dikeluarkan, badan akan terasa lebih berenergi dan sehat. Ketika kondisi sehat, maka bisa dimanfaatkan untuk olahraga dan lemak pada perut bisa berkurang.
  4. Jahe. Khasiat jahe memang tidak bisa diragukan lagi, seperti meningkatkan metabolisme, membantu pencairan lemak dalam perut serta bisa mencegah sembelit. Selain kandungan itu, jahe juga mampu membantu mengatur gula darah dan bisa mencegah makan berlebihan. Dengan begitu, secara otomatis perut Anda bisa lebih ideal.
  5. Lidah buaya. Selain bermanfaat untuk perawatan kulit dan rambut, ternyata tanaman ini memiliki manfaat sebagai antioksidan yang menunda pertumbuhan radikal bebas dalam tubuh. Dengan cara dijus, lidah buaya juga bisa bermanfaat membantu memperlancar pencernaan.

Demikian beberapa bahan yang bisa dikonsumsi dan bermanfaat untuk kesehatan perut. Kendati demikian, olahraga dan makan secukupnya menjadi kunci utama agar perut Anda ideal. (Muhafid/R6/HR-Online)