Agar Tetap Awet, Begini Cara Merawat Motor Saat Musim Hujan

Iustrasi. Foto: Muhafid/HR

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Memiliki kendaraan jenis motor tentu saja harus dirawat dengan baik, agar performa saat melaju di jalanan tetap stabil dan tidak membuat aktivitas sehari-hari terganggu. Pada musim hujan, kendaraan Anda juga perlu mendapatkan perawatan khusus agar motor Anda tetap prima saat berjalan.

Dikutip dari berbagai sumber, cara merawat motor saat musim hujan yang perlu diperhatikan adalah melakukan pengecekan secara berkala pada bagian-bagian penting kendaraan. Di antaranya adalah:

  1. Ban. Saat musim hujan Anda harus memastikan bahwa kondisi ban motor Anda tidak aus atau habis. Jika aus, maka daya cengkraman terhadap jalan raya menjadi kurang maksimal, bahkan akan mudah sekali tergelincir, terutama di musim hujan. Selain soal itu, ukuran yang sesuai standar pabrikan serta tekanan angin juga perlu diperhatikan. Apabila motor matic, bisa dilihat ukuran standarnya pada dek motor, sedangkan jenis sport dan bebek bisa dilihat pada wing arm.
  2. Mengecek cangklong busi. Pastikan juga bahwa cup supressor atau cangklong busi motor Anda baik-baik saja, terutama pada bagian karet sealnya. Jika ini normal, maka akan bisa dibawa ke mana saja, termasuk menerjang genangan air hujan. Namun apabila kondisinya karetnya kurang baik, bisa jadi akan korsleting businya dan tidak bisa digunakan, apalagi untuk menerjang air hujan.
  3. Mengecek rantai. Ini juga sangat penting diperhatikan secara berkala. Anda bisa membersihkan rantai dan memberikan pelumas rantai dengan oli SAE 80-90. Pasalnya, air hujan diketahui memiliki kandungan zat asam yang tinggi. Apabila dibiarkan, maka akan terjadi pengeroposan hingga kerusakan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan spareparts standar pabrikan sesuai dengan jenis motornya.
  4. Hati-hati saat menerjang genangan air. Jika Anda akan memaksakan diri menerjang genangan air, pastikan yang akan dilewati tersebut tidak mencapai ketinggian lubang filter udara. Apabila air sampai masuk mesin, maka akan menimbulkan mogok atau water hammer. Parahnya, ini berdampak blok mesin bisa retak, piston pecah, stang seher bisa bengkok serta komponen mesin lainnya mengalami rusak.
  5. Mencuci motor. Sebaiknya apabila kendaraan Anda selesai digunakan saat hujan, sebaiknya cucilah agar semua bagian pada motor, seperti cover, pelek, body dan lainnya tidak berubah warnanya. Pasalnya, jika Anda memiliki kebiasaan membiarkan saja, ini akan berdampak karatan. Untuk motor jenis sport, diusahakan lebih hati-hati saat menggunakan steam atau penyempot bertekanan tinggi. Pasalnya, air bisa saja masuk melalui tutup tangki. Apabila air masuk, tentu saja akan terjadi pengeroposan dan karatan pada bagian dalam tangki.
  6. Pastikan lampu LED bagian depan Anda lebih mengarah ke bawah, supaya pencahayaan lebih maksimal, terutama saat hujan. Pasalnya dengan ini pantulan cahaya akan membantu pengendara saat kondisi hujan. Adapun penyetelah sendiri bisa dilakukan di bengkel resmi.
  7. Lakukan service secara berkala. Langkah terakhir ini adalah yang paling penting agar kondisi motor Anda tetap prima, terutama saat musim hujan.

Dari langkah-langkah cara merawat motor saat musim hujan di atas, paling penting juga adalah selalu berhati-hati dalam memacu kendaraan serta selalu menggunakan perlengkapan berkendara sesuai dengan ketentuan. (Muhafid/R6/HR-Online)