Antisipasi WhatsApp Dibajak, Lakukan Langkah Ini Agar Aman

Ilustrasi. Foto: Net/Ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- WhastApp merupakan salah satu platform pesan instan yang saat ini sedang mendunia, bahkan hampir semua pengguna smartphone memilikinya. Meskipun terbilang aman, pengguna kadang dikhawatirkan dengan adanya orang-orang yang tidak bertanggungjawab menyusup mengambil data penting hingga menangkap layar chat.

Sebagai langkah antisipasi aplikasi pesan instan dibajak, ada beberapa hal supaya WhatsApp Anda baik-baik saja dan tidak terkena retas orang yang tidak bertanggungjawab. Di antara poin tersebut adalah:

  1. Mengecek aktivitas WhatsApp Web. Bagi yang belum mengetahui WhatsApp Web, fitur ini memudahkan pengguna melakukan komunikasi melalui dekstop dengan cara memindai kode batang dari smartphone ke dekstop. Sehingga, riwayat chat WhatsApp apapun akan tampil pada layar dekstop, baik itu berupa foto, video, file, kontak, serta lainnya.
  2. Karena mudahnya “menduplikat” chat melalui fitur ini, Anda harus memastikan bahwa layanan ini sedang tidak digunakan oleh orang lain. Caranya mudah, tinggal melakukan tap pada titik tiga di atas kanan aplikasi dan pilihlah WhatsApp Web. Jika berhasil, nanti akan terlihat apakah WhatsApp Anda terhubung dengan fitur tersebut atau tidak. Jika iya, maka akan terlihat perangkat apa yang digunakan dan pilih Log Out From All Devices agar semua aktivitasnya berhenti, dan jika tidak berarti aman-aman saja.
  3. Selalu waspada dan jangan percaya. Ini hal yang sangat penting juga agar pengguna aman dari peretas. Salah satu yang perlu dilakukan adalah Anda tidak perlu menuruti siapapun yang meminta Anda untuk mengklik link verifikasi ganti nomor, meski diming-imingi akan dikirim uang. Biasanya, ini yang sering digunakan peretas untuk mengambilalih WhatsApp seseorang dengan memanfaatkan kelalaian pengguna. Maka dari itu, dianjurkan untuk mengabaikan chat yang masuk dari orang yang tidak dikenal.
  4. Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor. Fitur ini berkaitan dengan keamanan pengguna yang mana secara berkala pengguna akan memasukan PIN yang sudah disetting. Bahkan, setiap akan mengganti nomor, fitur ini secara otomatis akan mengirimkan PIN ke nomor yang akan pengguna untuk verifikasi. Sayangnya, jika Anda lupa dengan PIN tersebut, maka bisa jadi WhatsApp Anda hilang. Jadi, PIN Anda harus benar-benar mudah tetapi tidak mudah ditebak oleh orang lain.

Demikian beberapa langkah yang sangat penting agar WhatsApp tidak dibajak oleh orang yang tidak bertanggungjawab. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA