Antivirus Android Terbaik Tahun 2019, Ini Daftarnya

Antivirus Android Terbaik. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Antivirus android terbaik saat ini sangat diperlukan untuk melindungi perangat Anda. Karena, target serangan hacker sekarang ini bukan hanya komputer namun juga smartphone.

Jika sudah terkena hacker yang masuk melalui virus, malware, adware dan lain sebagainya, bukan hanya bisa merusak ponsel pintar tapi juga mengambil data pribadi korban.

Sehingga tidak sedikit yang mempertanyakan, apakah ada Antivirus yang bisa melindungi smartphone dari ancaman atau kebocoran data?. Untuk itu, diperlukan aplikasi yang bisa melindungi ponsel dari serangan luar yang bisa merugikan.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini antivirus terbaik android yang bisa menjadi referensi Anda, sehingga proteksi smartphone dari serangan virus dan sejenisnya bisa diatasi.  

1. Avast

Avast bisa dikatakan sebagai antivirus terbaik android dan populer bukan hanya di Indonesia tapi dunia. Raksasa Antivirus ini bisa memberikan aplikasi yang bisa diunduh secara gratis alias tidak berbayar di Play Store.

Bahkan sampai saat ini sudah lebih dari 100 juta yang mengunduh Avast Mobile Security & Antivirus. Spek sistem operasi smartphone minimal Android 4.1+, dengan ukuran aplikasi hanya 26,7 MB.

Avast Mobile Security & Antivirus bisa menscan virus, atau trojan yang berbahaya. Selain itu, Antivirus di smartphone ini juga bisa memberikan perlindungan privasi, yang jika terindikasi atau terinfeksi spyware maupun aplikasi yang terkena infeksi adware, Antivirus ini akan memberitahu.

Avast juga bisa mengamankan Android dari serangan phishing yang sumbernya dari email, panggilan telepon, situs atau website yang terinfeksi, atau pesan singkat.

Fitur lainnya, bisa mengakses VPN yang bisa menjelajah internet secara aman dan privat, dan untuk membuka streaming non gratisan ketika pergi ke luar negeri.

Sementara untuk fitur premiumnya antara lain:

– Jebakan Kamera : bisa mengambil foto serta merekam suara pencuri yang mengambil smartphone Anda dengan diam-diam

– Menyingkirkan iklan yang menggangu

– Lokasi Terakhir yang Diketahui : Melacak lokasi terakhir perangkat Anda saat baterainya habis. Dan masih banyak lagi.

Namun kekurangan dari Antivirus ini adalah masih terdapat crash dan telat melakukan scan otomatis.

2. Kaspersky Mobile Antivirus

Antivirus yang satu ini memang sama terkenal dan populernya dengan Avast. Tidak sedikit orang yang memakainya terutama di komputer baik PC atau laptop. Sementara di ponsel Android juga tidak kalah banyak penggunanya.

Bahkan menurut AV-Test Kaspersky Mobile Antivirus ini bisa mendeteksi malware sampai 99,9%.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Kaspersky Lab ini bisa diunduh di Play Store dengan gratis. Adapun sistem operasi smartphone apabila ingin memasang aplikasi Kaspersky Mobile Antivirus minimal Android 4.2+ dengan ukuran 47,6 MB.

Untuk versi gratisan, scan malware atau pun virus dilakukan dengan cara manual. Sedangkan jika menambah fitur premium maka di dalamnya ada fitur perlindungan real-time, anti pencurian, anti phishing, serta melindungi dan mengunci aplikasi dengan tingkat tinggi yang sekiranya aplikasi tersebut penting untuk Anda.

Untuk yang berbayar Anda bisa mendapatkan fitur khusus, seperti pemblokiran panggilan yang sekiranya masuk dalam spam atau yang tak diinginkan, kemudian bisa mencari ponsel yang hilang atau lupa dengan fitur Find my phone, serta memberi perlindungan yang ekstra dari serangan virus trojan, malware atau lainnya.

3. Avira

Antivirus terbaik android saat ini ada aplikasi dari Avira. Ya, Avira Antivirus Security bisa memprotek dari serangan luar sehingga data atau informasi yang sifatnya privasi, seperti email, nomor kartu kredit, foto atau lainnya bisa terlindungi dengan baik.

Sama seperti dua Antivirus di atas, Avira juga memberikan unduhan secara gratisan di Play Store. Dengan catatan minimal OS di smartphone Android 4.4+.

Kelebihan dari Avira Antivirus Security adalah tersedia dalam berbagai bahasa, sangat ringan dengan desain yang minimalis, bisa membuat daftar blacklist jika ada nomor telpon yang tidak dikenal, serta tersedia fitur Anti Theft atau anti pencurian.

4. McAfee

Selain di komputer, McAfee juga membuat Antivirus di android dengan nama McAfee Mobile Security melalui pengembang McAfee LLC, yang bisa didapatkan di Play Store tidak berbayar.  

Keunggulan dari aplikasi Antivirus yang memiliki ukuran 20,6 MB ini antara lain tersedia fitur keamanan untuk mencegah adanya serangan virus atau malware yang dianggap berbahaya.

Bukan hanya itu saja, McAfee Mobile Security juga memberikan fitur yang bisa melacak ponsel pintar Anda yang hilang atau dicuri. Dan App Lock atau aplikasi yang melindungi privasi Anda.

Namun kekurangan adalah masih terdapat masalah crash serta login ke akun.

5. Bitdefender

Jika Anda menginginkan Antivirus android yang tidak berat maka pilihannya adalah Bitdefender Mobile Security Antivirus. Dengan ringannya aplikasi ini tentu tidak akan membuat smartphone Anda menjadi lelet bahkan menguras daya baterai.

Bukan hanya itu, di tahun 2015 dan 2016 aplikasi Bitdefender Mobile Security Antivirus pernah dinobatkan sebagai aplikasi keamanan android paling baik menurut AV-TEST.

Kelebihan dari Bitdefender Mobile Security Antivirus antara lain memberikan perlindungan Antivirus secara realtime, tidak berat saat menjalankannya dan bisa menscan dengan otomatis.

Keunggulan lainnya dari antivirus terbaik android ini adalah dibekali fitur keamanan yang sangat ketat sehingga bisa menjaga ponsel pintar Anda. kemudian fitur WearON, yang bisa melindungi keamanan data smartwatch Anda. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA