Kurangi Makan Mie Instan Campur Nasi, Ini Bahayanya!

bahaya makan mie instan
Bahaya makan mie instan campur nasi. Foto: Net/Ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),– Siapa tak kenal Mie Instan? Salah satu makanan favorit orang Indonesia dikenal karena rasanya yang lezat dan cara menyuguhkannya yang praktis. Uniknya, orang Indonesia terbiasa mengonsumsi mie instan dengan nasi. Tujuannya tentu saja agar lebih kenyang. Padahal ada sejumlah bahaya makan mie instan bila dicampur dengan nasi.

Bisa dibayangkan, nasi yang mengandung karbohidrat tinggi dipadukan dengan mie instan yang juga memiliki kandungan karbohidrat tinggi, jadinya karbohidrat kombo, akibatnya kalori yang dihasilkan dari sekali konsumsi mie instan dengan nasi pun lebih tinggi.

Kebiasaan ini tentu cukup berbahaya bagi kesehatan dan harus dihindari. Memakan mie instan dengan nasi menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Berikut, bahaya makan mie instan dengan nasi:

Bisa Kena Penyakit Kanker

Resiko terkena kanker akan meningkat jika Anda terlalu sering mengonsumsi mie instan dengan nasi. Karena salah satu pemicu kanker adalah pola makan yang tidak teratur dan tidak sehat. Sedangkan pada mie instan, sebagaimana diketahui, memiliki bahan-bahan pengawet yang bisa merusak kesehatan, jika terdapat dalam tubuh dengan kadar tinggi.

Kelebihan Berat Badan (Obesitas)

Anda bisa terkena obesitas atau kelebihan berat badan jika sering mengonsumsi mie instan dengan nasi. Resiko obesitas cukup tinggi, karena kurangnya protein dan vitamin yang terkandung dalam mie instan maupun nasi. Seperti dijelaskan sebelumnya, justru karbohidrat yang tinggi pada kedua makanan tersebut, akan sangat mudah menjadi lemak dan menimbulkan kegemukan.

Tekanan Darah Tinggi

Bahaya makan mie instan dengan nasi lainnya yaitu jika Anda cukup sering mengonsumsinya, maka akan meningkatkan resiko tekanan darah tinggi. Hal tersebut dipicu oleh zat sodium yang ada pada mie instasn yang juga bisa menimbulkan penyakit jantung.

Merusak Hati

Jika Anda kerap mengonsumsi mie instan dengan nasi, maka kandungan karbohidrat yang tinggi pada dua makanan tersebut tidak bisa dipecah menjadi zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Akibatnya, Anda bisa kekurangan nutrisi dalam tubuh.

Zat lain justru akan dikirim ke organ hati untuk membantu sistem pencernaan. Namun sayangnya, tidak semua zat yang masuk ke dalam hati tersebut baik untuk tubuh. Alih-alih membantu sistem pencernaan, yang terjadi justr adalah kerusakan hati.

Itulah bahaya mie instan ketika dimakan bersama nasi. Pastikan Anda tidak terlalu sering memakan mie instan, untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...