Manfaat Bawang Hitam: Bisa Cegah Kegemukan

bawang hitam
Bawang hitam yang membantu mencegah kegemukan hingga atasi alergi. Foto: Net/Ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),– Jika bawang putih dan bawang merah sudah dikenal umum dan banyak dikonsumsi tiap hari karena sering dijadikan salah satu bumbu dapur, maka bawang hitam masih jarang diketahui orang. Namun, kini makanan yang satu ini sedang populer di kalangan masyarakat karena memiliki banyak manfaat bawang hitam untuk kesehatan tubuh.

Apa sih sebenarnya bawang hitam itu? Ternyata bawang hitam adalah bawang putih itu sendiri, namun telah mengalami proses yang berbeda dalam tahaf pengawetan. Dilansir HR Online dari berbagai sumber, bawang putih bisa menjadi bawang hitam jika mengalami reaksi Mailard.

Untuk mengalami reaksi ini, bawang putih harus disimpan terlebih dahulu pada area dengan suhu 60-80 derajat celcius, selain itu tingkat kelembapannya harus mencapai 70-90 persen. Bawang putih ini harus disimpan selama kurang lebih satu bulan. Rasa dan kandungan kimianya tidak akan sama pada setiap bawang hitam yang dihasilkan, karena tergantung cara pengawetannya tersebut.

Walaupun diawetkan selama satu bulan, tidak berarti bawang hitam ini tidak sehat, justru banyak manfaat yang bisa didapatkan dari makanan yang satu ini. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang bisa diperoleh jika Anda mengonsumsinya!

Mencegah kegemukan

Makanan ini juga bisa mencegah obesitas atau berat badan berlebih. Karena bawang hitam ini mampu menurunkan sel lemak yang ada di seluruh tubuh, terutama pada bagian perut. Hal ini akan membuat berat badan Anda tetap terjaga dan menjadi ideal karena lemaknya luruh.

Mencerahkan Kulit

Bagi Anda yang cukup memerhatikan penampilan, bawang hitam yang merupakan sumber antioksidan ini mampu menjaga kondisi kulit Anda sehingga bisa tetap sehat dan tampak lebih cerah. Selain itu, antioksidan pada makanan ini juga dapat mengurangi adanya kerusakan pada organ tubuh, sekaligus juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Mengurangi resiko kanker

Kandungan kimia di dalam bawang hitam dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker yang ada dalam tubuh. Karena kandungan bawang hitam ini, bahkan bukan hanya menghambat sel-sel kanker, namun bukan tidak mungkin juga bisa membunuh sel kanker.

Melindungi sel-sel otak

Mungkin Anda tidak sadar, jika dalam makanan yang sehari-hari disantap, 90 persen di antaranya mengandung MSG ataupun micin. Bahan tersebut memang berfungsi menguatkan rasa.

Namun ada banyak ahli yang menyebutkan MSG maupun micin ini tidak baik untuk kesehatan tubuh dan otak. Konsumsi bawang hitam dapat menghindarkan kerusakan akibat bahan penguat rasa tersebut, karena kandungan yang ada dalam makanan ini menjadi pelindung sel-sel otak.

Menurunkan tekanan darah

Konsumsi bawang hitam juga dapat mempertahankan tekanan darah Anda pada tingkat normal. Hal ini karena adanya kandungan organosulfur yang mampu melebarkan pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir lebih lancar, selain itu juga tidak menekan dinding arteri.

Mengatasi infeksi

Antiiflamasi yang dikandung dalam bawang hitam, membuat orang yang mengonsumsinya susah mengalami peradangan. Hal menarik lainnya bawang hitam tersebut juga memiliki kandungan antibakteri. Hal ini berarti jika Anda mengalami luka luar, infeksi akan susah terjadi jika Anda rajin memakan makanan ini.

Mengatasi alergi

Bagi penderita alergi, Anda tentu terbiasa menjauh dari hal-hal yang dapat memicu reaksi alergi. Namun makanan ini dapat menekan reaksi alergi tersebut. Jika Anda mengonsumsi bawang hitam secara konsisten, Anda akan lebih tahan alergi dan reaksi yang dimunculkan akibat makanan-makanan tertentu bisa dikurangi.

Sebenarnya, masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan dari bawang hitam, namun dengan penjelasan di atas, sudah cukup banyak alasan hingga Anda tertarik untuk mengonsumsinya. Atau Anda malah sudah punya resep makanan yang biasa menggunakan bawang hitam? Bisa Anda bagikan di kolom komentar ya! (Ndu/R7/HR-Online)

KOMENTAR ANDA