Bawaslu Ciamis Diminta Lakukan Efisiensi

Bawaslu Ciamis Diminta Lakukan Efisiensi

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Akademisi yang juga Direktur Pusat Kajian Hukum Universitas Galuh (Unigal), Hendra Sukarman, SE.,SH.,MH., meminta Badan Pengawas Pemilu/ Bawaslu Ciamis, mampu melakukan efisiensi dalam berbagai hal.

Pasalnya, Hendra menyoroti sejumlah rangkaian kegiatan rapat, pertemuan dan sosialisasi yang justru dilaksanakan di wilayah lain, bukannya di Kabupaten Ciamis. Selain itu, Hendra juga mempersoalkan minimnya pelibatan tenaga atau sumber daya asal daerah sendiri.

“Sebetulnya di Ciamis banyak tempat yang bisa dijadikan lokasi kegiatan. Di Ciamis juga banyak resources (sumber daya) yang bisa dilibatkan untuk mendukung kegiatan Bawaslu. Kenapa harus dari dan di luar daerah,” katanya.

Terkait efisiensi anggaran, Hendra mencontohkan efisiensi anggaran yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Ciamis tahun lalu.

Menurut dia, KPU Kabupaten Ciamis mampu menunjukkan prestasi dengan melakukan efisiensi anggaran dengan baik. Sisa anggaran pelaksanaan Pilkada Ciamis tahun 2018 tersebut bahkan dikembalikan ke kas pemerintah daerah.

“Soal ini, kami tidak mendengar Bawaslu melakukannya,” kata Hendra.

Hendra berharap, kedepan Bawaslu Kabupaten Ciamis bisa membuat pertimbangan terlebih dahulu sebelum melaksanakan kegiatan di luar daerah, termasuk dalam hal mendatangkan sumber daya dari luar daerah.

Terkait persoalan yang disampaikan Hendra Sukarman ini, HR Online belum mendapatkan tanggapan resmi dari Komisioner Bawaslu Ciamis. (Deni/R4/HR-Online)