Bekas Jerawat Bisa Hilang dengan Bahan Alami Ini

Ilustrasi bekas jerawat. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Bekas jerawat yang membandel bisa menjadi musuh utama, terlebih untuk yang ingin mempunyai kulit wajah yang mulus. Tapi untuk menghilangkannya bukan perkara yang mudah.

Memang saat ini banyak obat atau krim untuk menghilangkannya. Namun yang ditakutkan adalah jika tidak cocok dengan kulit, bukannya hilang malah menjadi bertambah dan kulit yang sensitif menjadi tidak mulus.

Apabila Anda tidak percaya dengan obat atau krim dari bahan kimia, bisa mencobanya dengan menggunakan bahan alami. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini bahan alami yang bisa ‘memerangi’ bekas jerawat membandel.

1. Mentimun

Bahan yang satu ini memang bukan hanya terkenal sebagai ‘pendamping’ sambal atau lalapan, melainkan juga bisa digunakan untuk ‘mengusir’ bekas jerawat.

Hal itu disebabkan karena di dalam timun terkandung anti inflamasi, yang bukan hanya mujarab menghilangkan jerawat tapi juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah.

Timun tersebut dijadikan masker, dan cara membuatnya tidak lah sulit. Setelah menyiapkan timun secukupnya, haluskan sampai berbentuk seperti pasta. Kemudian, pasta tersebut dipasang ke wajah lalu diamkan sampai kering. Setelah itu dibilas dengan menggunakan air hangat.

2. Lidah buaya

Selain bermanfaat untuk rambut serta kulit, lidah buaya juga berkhasiat untuk mengusir jerawat di wajah, yang bisa membikin rasa percaya diri Anda turun.

Cara menggunakannya, oleskan lidah buaya tersebut ke bagian wajah, kemudian diamkan sampai mengering. Jika sudah kering bilas menggunakan air bersih. Ingin hasil maksimal lakukan cara tersebut setiap hari.

3. Putih telur dan kentang

Dua bahan yaitu telur dan kentang yang biasa ada di dapur ini tidak hanya dipakai sebagai bahan masakan, tapi juga bisa membuat cerah kultii wajah dan ‘mengusir’ bekas jerawat membandel.

Cara membuatnya sangat mudah, terlebih dulu kentang dihaluskan sampai benar-benar hancur, lalu campurkan dengan telur yang hanya diambil bagian putihnya saja dan aduk sampai merata.

Setelah itu, dioleskan ke bagian wajah dan diamkan sampai kering. Langkah terakhir membilasnya dengan menggunakan air hangat.

4. Madu

Bahan alami yang bersumber dari tawon ini banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Sedangkan untuk kulit, karena di dalamnya mengandung zat antibiotik, maka madu dapat melindungi kulit dari infeksi serta obat alami untuk penyakit kulit.

Sementara untuk jerawat, bisa digunakan dengan mengaplikasikannya sebagai masker wajah.

Caranya, siapkan madu dan kapas. Lalu kapas yang sudah ada madunya di aplikasinya atau ditempelkan ke bagian wajah yang ada bekas jerawat. Diamlan sampai kurang lebih 25 menit, lalu dibilas menggunakan air hangat.

5 Jeruk nipis

Karena adanya kandungan vitamin C yang tinggi, maka jeruk nipis bisa dijadikan obat alami untuk mengusir jerawat atau bekasnya. Vitamin C itu dapat meregenerasi sel yang ada di kulit wajah.

Cara mengaplikasikannya, siapkan satu atau dua buah jeruk nipis, kemudian di peras jeruk tersebut. Sebelumnya, bersihkan wajah terlebih dulu, lalu perasan jeruk nipis dioleskan ke seluruh permukaan wajah. Tunggu sampai setengah jam, dan dibilas memakai air hangat.

Ingin hasil maksimal atau bekas jerawat cepat hilang, lakukan cara tersebut setiap harinya. (Adi/R5/HR-Online)