Minggu, Oktober 2, 2022
BerandaBerita CiamisMasa Jabatan Berakhir, Bupati Ciamis Iing Syam Arifien Pamit

Masa Jabatan Berakhir, Bupati Ciamis Iing Syam Arifien Pamit

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Masa jabatan Iing Syam Arifien, Bupati Ciamis periode 2014-2019 berakhir hari ini, Sabtu (6/4/2019). Pada pelantikan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode 2019-2025, Bupati Iing berpamitan dan menyampaikan permohonan maaf pada warga Ciamis di Gedung Dakwah Islamic Center Ciamis, Jum’at (5/4/2019).

“Mohon sampaikan permohonan maaf saya pada masyarakat di desa masing-masing,” ucapnya di hadapan 2.083 anggota BPD yang dilantik.

Pada pelantikan anggota BPD yang dihadiri juga oleh 258 kades dan camat dari 27 kecamatan se-Kabupaten Ciamis, Danramil, Kapolsek serta pejabat dinas SKPD tersebut, Bupati Iing juga memohon maaf apabila selama menjabat sebagai Bupati melakukan kesalahan dalam hal kebijakan sehingga ada yang tersakiti.

“Mungkin selama saya menjabat sebagai Bupati Ciamis, ada yang salah atau bahkan ada yang tersakiti karena kebijakan yang saya keuarkan, saya mohon maaf,” lanjutnya.

Bupati IIng juga menyampaikan posisi jabatan bupati akan diisi oleh PLH Bupati. Menurutnya sudah ada yang diutus ke Gedung Sate untuk menerima SK PLH Bupati.

“Agar tidak terjadi kekosongan jabatan (pemerintahan),posisi bupati akan dilaksanakan oleh pelaksana harian Bupati,” ucapnya.

Iing Syam Arifien diketahui sebelum menjabat sebagai Bupati Ciamis merupakan seorang PNS yang meniti karirnya dari bawah. Bupati Iing tercatat pernah menjabat sebagai camat, kepala dinas, hingga mendampingi H. Engkon Komara sebagai wakil bupati Ciamis, periode 2009-2014.

Puncaknya pada tahun 2014 Bupati Iing didampingi wakilnya H. Oih Burhanudin terpilih menjadi Bupati Ciamis. Namun, pada Pilkada serentak tahun 2018, Bupati Iing tidak terpilih kembali menjadi Bupati Ciamis. Herdiat Sunarya yang merupakan mantan Sekda Ciamis yang menjadi penantang Bupati Iing berhasil meraih dukungan mayoritas dari rakyat di Kabupaten Ciamis.

“Saya 36 tahun mengabdi di Ciamis, mulai jadi PNS hingga jadi wakil Bupati dan kemudian jadi Bupati,” katanya.

Bupati Iing mengaku akan tetap aktif dalam berbagai kegiatan di Ciamis sebagai Ketua Kwarcab Pramuka, Ketua PMI dan Ketua ISS Ciamis, selain itu Bupati Iing juga mengatakan akan mengisi waktu luangnya dengan mengurus rumah makan.

Permohonan maaf Bupati Iing juga disampaikan di laman facebook resminya. Pada salah satu statusnya, Bupati Iing mengatakan kebijakan yang dia keluarkan tentu tidak bisa memuaskan semua pihak, hal tersebut disebut Bupati Iing karena keterbatasan yang ada.

“Insya Alloh Kabupaten Ciamis, ke depan akan semakin maju dan berkembang masyarakatnya semakin sejahtera,” kata Bupati Iing seperti dikutip HR Online dari laman Facebook Iing Syam Arifien, Sabtu (6/4/2019). (Ndu/R7/HR-Online)