Cara Ade Uu Ajak Masyarakat Kota Banjar Tidak Buang Sampah Sembarangan

Walikota Banjar melakukan gerakan bersih-bersih bersama pegawai Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar, di Jalan Letjen Suwarto, Jum’at (5/4/2019). Foto : istimewa.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Walikota Banjar, Ade Uu Sukaesih mengajak warga Kota Banjar untuk tidak buang sampah sembarangan.

Hal itu diungkapkannya saat melakukan gerakan bersih-bersih bersama pegawai Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar, yang dilaksanakan dari halaman Pendopo Kota Banjar hingga ke area Pasar Banjar, Jum’at (5/4/2019).   

Menurut Ade Uu, gerakan tersebut bukan hanya turun ke jalan untuk bersih-bersih, melainkan juga mengajak warga Kota Banjar untuk ikut menjaga kebersihan.

“Jadi gerakan ini dilakukan agar warga tergugah hatinya untuk menjaga lingkungan supaya tetap bersih. Dan mudah-mudahan kegiatan ini menyadarkan masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan,” tuturnya.

Ade Uu menjelaskan, bahwa volume sampah yang terangkut dan dikirim ke TPA (tempat pembuangan akhir) sampah mencapai sekitar 20 ton setiap harinya. Oleh karena itu, Walikota mengajak supaya mendaur ulang sampah atau 3R (reduce, reuse, recycle).

“Tujuannya adalah untuk menekan sampah sehingga dapat berkurang. Ya caranya dengan mendaur ulang sampah tersebut,” ucapnya.

Salah seorang warga Mulyasari, Heni (33) mengatakan, cara yang dilakukan oleh Walikota Banjar sangat bagus. Pasalnya, dengan gerakan tersebut bisa menyadarkan masyarakat supaya membuang sampah pada tempatnya.

Diungkapkannya, memang tidak sedikit yang melakukan hal tersebut (membuang sampah sembarangan).

“Bisa jadi karena kurangnya kesadaran. Atau bisa jadi karena sarana dan prasarana yang kurang memadai, karena tidak adanya tempat untuk buang sampah. Sehingga masyarakat buang sampah sembarangan baik itu ke kebun atau sungai,” ucapnya. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA