Dijamin Manjur, Begini Cara menghemat Kuota Data Ponsel

Ilustrasi. Foto: Net/Ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Di era yang semakin modern ini, hampir sebagian besar orang menggunakan smartphone yang terhubung ke internet. Tentu saja saat ini berbeda dengan dulu yang hanya menggunakan handphone untuk SMS dan telepon saja. Kondisi itu pun membuat provider atau penyedia layanan komunikasi berlomba-lomba memberikan paket internet yang sangat beragam khusus penggunanya.

Meski paket sudah sangat variatif bisa kita beli dengan beragam kualitasnya, namun penggunaan yang tidak terkontrol justru membuat kantong kita semakin jebol. Bahkan, terkadang handphone-nya pun berujung rusak. Maka dari itu, ada beberapa cara menghemat kuota data ponsel yang bisa dilakukan agar akses internet kita bisa lebih panjang.

  1. Mematikan data internet. Melakukan langkah ini tentu saja sangat bermanfaat sekali menghemat kouta internet yang kita miliki. Selain menggunakan akses internet sesuai dengan kebutuhan, juga bisa menghemat sekitar 10 mb. Pasalnya, saat data hidup, maka data background pada handphone akan terus berjalan meski kita tidak menggunakan aplikasi apapun. Manfaat lainnya juga bisa membuat baterai HP semakin awet.
  2. Mematikan fitur auto-update pada play store. Perlu diketahui, bahwa setiap aplikasi yang diinstal pada smartphone akan selalu update bila dari pengembang memperbaharui versinya. Kondisi itu pun akan membuat aplikasi yang terpasang harus terbaru agar bisa merasakan perbedaan fitur ataupun keamanan yang ditawarkan oleh pengembang.

Sialnya bagi pengguna, jika proses update ini tidak terkontrol dengan baik, misal data internet seluler digunakan untuk update, tentu saja akan menguras sangat banyak sekali data. Berbeda dengan update aplikasi menggunakan Wi-Fi. Untuk menonaktifkan fitur otomatis update ini, maka Anda bisa ke pengaturan play store dan menghilangkan contreng pada pilihan update otomatis.

  • Mematikan fitur auto-sync. Fitur ini memang sangat bermanfaat sekali bagi pengguna, terlebih akan memudahkan pengguna saat menggunakan satu aplikasi dengan aplikasi lainnya. Berkat fitur ini, tentu saja berbagai kebutuhan pengguna akan semakin mudah, seperti mengakses kontak telepon, fitur gambar, kontak email dan sebagainya. Sayangnya, ketika fitur otomatis siknkronisasi berjalan, akan menyedot cukup banyak data. Sehingga, pengguna perlu mengontrolnya dengan menonaktifkan fitur ini dan menggunakannya saat kita perlu. Biasanya, seperti google akan selalu update dan menyinkronkan apa yang ada dalam handphone.
  • Gunakan fitur penghemat data. Beberapa tahun terakhir banyak sekali pengembang yang menawarkan fitur penghemat data, seperti UC Browser, Operasi Mini, Google Chrome serta lainnya. Untuk menggunakan fitur ini, Anda hanya mencari layanan data saver. Jika tersedia, Anda bisa memilihnya untuk menghemat data internet.
  • Terakhir mengurangi penggunaan live streaming video dan musik. Ini adalah salah satu tantangan cukup berat bagi pengguna internet pada smartphone saat ini. Pasalnya, layanan live streaming berbagai aplikasi sekarang sangat mudah sekali. Karena saking mudahnya, kita kerap terlena dengan kuota yang semakin menipis. Nah untuk menghematnya, Anda perlu mengurangi aktivitas ini, terlebih jika tidak terlalu penting.

Demikian beberapa cara menghemat kuota data ponsel agar Anda tidak boros data dan menggunakan layanan internet sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat. (Muhafid/R6/HR-Online)