Sering Nyeri Sendi saat Malam? Hati-hati Gejala Asam Urat!

Asam urat
Nyeri sendi saat malam, mungkin Anda kena asam urat. Foto: Net/Ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),– Saat tengah malam, mungkin Anda sering merasa nyeri sendi. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang kurang mendapatkan asupan air saat tidur. Kondisi tubuh yang seperti ini memicu serangan asam urat. Nyeri sendi saat malam ini bukan satu-satunya gejala asam urat.

Serangan asam urat bisa menyebabkan rasa panas dan terbakar pada persendian, akibatnya Anda akan sulit tidur. Bisa jadi Anda akan terjaga sepanjang malam karena rasa nyeri tersebut.

Selain rasa nyeri sendi pada saat malam, tanda-tanda dan gejala asam urat selalu terjadi secara tiba-tiba. Asam urat juga ditengarai dengan gejala-gejala lainnya. Berikut adalah gejala-gejala yang mengindikasikan Anda terkena asam urat:

1. Nyeri Sendi yang Parah

Rasa nyeri akibat asam urat pada persendian bisa berlangsung mulai 5 sampai 10 hari. Walaupun rasa nyeri tersebut terkadang hilang, namun Anda tidak boleh menyepelekannya. Sesegera mungkin Anda harus mengatasinya agar serangan nyeri tidak semakin parah dan muncul dalam waktu yang lebih lama. 

Asam urat biasanya memengaruhi sendi besar pada jempol kaki, namun rasa nyeri ini bisa juga terjadi pada sendi mana pun. Sendi yang sering terkena asam urat lainnya, diantaranya pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan dan juga jari. Rasa sakitnya yang paling parah akan dilamai dalam empat sampai 12 jam pertama setelah serangan awal.

2. Ketidaknyamanan yang bertahan lama

Setelah rasa sakit parah pada sendi mereda, Anda akan merasa tidak nyaman pada sendi yang akan berlangsung selama beberapa hari dalam beberapa minggu. Sementara serangan selanjutnya cenderung berlangsung lebih lama dan juga akan mempengaruhi lebih banyak persendian.

3. Peradangan dan kemerahan 

Sendi yang terkena gejala asam urat akan membengkak, kulitnya lunak, hangat dan lebih merah. Hal ini karena terjadi peradangan di dalam sendi yang terkena asam urat.

4. Gerak terbatas 

Saat gejala asam urat terus meningkat, Anda mungkin tidak akan bisa menggerakkan sendi secara normal. 

5. Demam

Sejumlah penderita asam urat mengaku mengalami demam saat terserang penyakit yang satu ini. Jadi selain serangan nyeri pada persendian, ketika Asam Urat Anda kumat, Anda bisa demam, sakit kepala bahkan muntah-muntah. 

6. Muncul Gejala Mirip Flu

Peradangan yang dialami selama Ada terserang asam urat bisa menjadi parah, sehingga bisa menimbulkan gejala seperti flu, yakni demam tinggi, nyeri otot hingga kelelahan. 

7. Gangguan ginjal

Dampak lainnya yang bisa dirasakan oleh penderita asam urat adalah adanya gangguan pada organ ginjal. Hal ini biasanya terjadi apabila asam urat sudah cukup parah. Tingginya kadar asam urat tersebut menyebabkan batu ginjal yang, penderitanya akan merasakan  nyeri perut yang sangat parah.

8. Nyeri pergelangan tangan

Terkadang seseorang merasa nyeri pada pergelangan tangan. Hal ini jarang terjadi, namun beberapa kasus menunjukkan orang tertentu rentan terserang asam urat pada pergelangan tangan maupun kaki. 

Jika selain nyeri sendi yang tiba-tiba saat malam Anda mengalami beberapa gejala seperti di atas, sebaiknya periksakan kondisi Anda ini ke dokter sesegera mungkin, untuk mendapatkan obat atau saran medis yang paling tepat agar masalah asam urat Anda segera teratasi.

Bisa juga anda mencoba cara mengobati asam urat secara alami dengan menggunakan buah-buahan atau tanaman yang berkhasiat menyembuhkan panyakit. (Ndu/R7/HR-Online)

Aegis Boost Pro