Hati-hati! Serial Game of Thrones Sebarkan Malware Berbahaya

Serial TV Game of Thrones. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Game of Thrones adalah sebuah serial televisi yang sangat populer dan paling banyak jumlah penontonnya. Dengan banyaknya penggemar film tersebut, membuat tidak sedikit orang yang ingin menyaksikannya dengan cara gratisan lewat streaming.

Namun karena banyaknya peminat film serial televisi yang universal melalui streaming online yang ilegal atau mendownload via torrent, menjadikan “sumber” para hacker jahat untuk menyusup ke file situs dengan menyebarkan malware.

Hal tersebut ditemukan oleh perusahaan antivirus terkenal di dunia, Kaspersky Lab. Perusahaan antivirus itu menemukan malware yang didistribusikan ke episode terbaru serial Game of Thrones, yang kini memasuki season 8.

Di negara-negara termasuk Indonesia, serial televisi populer selain Arrow dan The Walking Dead ini, bisa dinikmati atau ditonton via situs ilegal, seperti streaming ilegal atau download melalui torrent.

Sebagai informasi, bahwa televisi yang resmi menayangkan Game of Thrones adalah saluran HBO, baik melalui TV kabel atau situs resmi dari HBO.

Namun untuk yang mendapatkan serial film yang dibintangi Emilia Clarke dengan cara ilegal didapatkannya dari torrent dan lainnya. Padahal, sebenarnya file yang disebarkan ke para pengguna itu adalah malware yang memakai nama judul film serial tersebut.    

Bahkan di tahun 2017 dan 2018, Kaspersky Lab menemukan url download dari serial televisi populer itu disusupi malware.

Dalam penelitian tersebut, seperti dikutip dari Liputan6, di tahun 2018 sejumlah 17% situs bajakan film Game of Thrones yang terkena infeksi, dan sebanyak 20.934 pengguna yang terinfeksi serangan malware.

Lalu disusul oleh serial yang terinfeksi lainnya yaitu serial zombie “The Walking Dead” sebanyak 18.794 serta “Arrow” sebanyak 12.163.

Menurut keterangan peneliti keamanan di Kaspersky Lab, Anton V. Ivanov, Sabtu (6/4/2019), biasanya malware tersebut “menyebar” di episode terbaru atau kesatu dan terakhir.

Hal itu dikarenakan, episode tersebut adalah waktu dimana sebagian besar penonton penasaran, tidak sabar untuk menonton atau sangat menantikan. Sehingga disitulah yang menarik perhatian hacker untuk melancarkan serangan spoofing berbahaya.

Lantas bagaimana caranya mencegah malware supaya tidak menjadi korban selanjutnya? Berikut ini tipsnya yang direkomendasikan oleh Kaspersky Lab.

1. Melihat atau menonton serial film tersebut di situs yang sah/bukan ilegal atau mempunyai reputasi yang paling baik sebagai pendistribusi konten televisi pemilik hak siarnya.

2.  Memperhatikan ekstensi file yang akan didownload. Biasanya file yang sah atau tidak ada malwarenya ekstensinya adalah .avi, .mkv, .mp4 dan lainnya. Sedangkan yang disusupi oleh malware ekstensinya .exe.

3. Hindari klik tautan yang mencurigakan yang memberikan episode terbaru padahal belum waktunya jadwal tayang.

4.  Meski jadwal sudah tayang namun sebaiknya periksa terlebih dulu situs web tersebut apakah sah dengan cara memeriksa ‘https’ sebelum mendownload.

5. Sebelum mengunduh serial televisi baik itu Game of Thrones atau lainnya, jangan lupa pakai keamanan atau antivirus yang terpercaya dan terbaru pembaruannya. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA