HP Xiaomi Mi 4i; Review Kelebihan & Kekurangan Smartphone Murah Spek Gahar

HP Xiaomi Mi 4i. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Penjualan smartphone buatan Xiaomi di Indonesia bisa dikatakan paling laris ketimbang produk lainnya sesama China. Alasannya, dengan spek yang tinggi namun harganya ramah di kantong. Produk tersebut salah satunya adalah HP Xiaomi Mi 4i.

Meski HP Xiaomi Mi 4i dirilis April 2015, tapi smartphone ini masih menjadi buruan para konsumen. Ya, ponsel kelas menengah ini tidak hanya harga murah melainkan juga dibekali dengan spesifikasi yang gahar.

Di toko online atau e-commerce di Indonesia, Mi 4i saat ini dijual antara kisaran Rp 1.050.000 sampai paling mahal Rp 1,6 jutaan.

Lantas apa saja keunggulan dari HP Xiaomi Mi 4i itu? Merangkum dari berbagai sumber berikut ini kelebihannya.

Jika dilihat dari desain dan penampilannya, keunggulan dari Mi 4i terlihat dari layar yang berukuran 5,0 inci full HD berpanel IPS LCD capacitive touchscreen, dengan resolusi 1080 x 1920 piksel.

Selain layarnya yang jernih, juga kerapatan mencapai 441 ppi dan diberi pelindung corning scratch resistant glass. Proteksi pada layarnya yaitu Corning OGS fully Laminated ini tidak jauh berbeda dengan Gorilla Glass.

Sementara fitur yang menjadi daya tarik pada layarnya yaitu Sunlight Display. Sehingga meski dalam keadaan atau kondisi cahaya yang sangat terang, layar masih bisa dilihat dengan jelas. Jadi Anda tidak repot untuk mengatur tingkat cahaya dengan manual.

Sedangkan dari dimensi bodinya, smartphone besutan Xiaomi ini memiliki ukuran 138.1 x 69.6 x 7.8 mm, dengan berat 130 gram. Kelebihan dengan berat yang ringan dan bodi yang tipis serta ramping ini sangat nyaman ketika dipakai.

Kelebihan lainnya dari HP Xiaomi Mi 4i adalah dari otaknya, yang memakai chipset Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615, dengan CPU Octa-core (4×1.7 GHz Cortex-A53 & 4×1.0 GHz Cortex-A53) serta grafis Adreno 405.

Juga ditopang RAM berkapasitas 2 GB dan penyimpanan internal 16 GB. Dengan perpaduan platform tersebut, maka diyakini spek gahar ini bisa memuaskan para pecinta game online maupun offline.

Kemudian dari sisi japrat-jepret, HP Xiaomi Mi4i memiliki kamera utama atau belakang dengan resolusi 13 MP (f/2.0). Lensanya tersebut adalah keluaran Sony.

Pada kamera belakangnya juga dibekali Dual-LED dual-tone flash. Sehingga bisa menghasilkan objek foto yang sangat jelas meski keadaan cahaya yang kurang mendukung. Untuk merekam video juga bisa mencapai resolusi 1080p.

Di bagian kamera depan memiliki lensa 5 MP dengan aperture f/1.8. Untuk kamera depannya bisa wide angle sampai 80 derajat. Sementara fiturnya antara lain face/smile detection, touch focus, Geo-tagging, HDR serta panorama.

Namun ada fitur yang sangat menarik untuk Anda pecinta selfie, yaitu fitur Beautify. Dengan fitur ini, hasil dari foto selfie akan lebih cantik, namun tetap alami atau tidak dibuat-buat.

Kelebihan lainnya dari HP Xiaomi Mi 4i yaitu kapasitas baterai sebesar 3120 mAh Lithium ion berteknologi Polymer Cell. Baterainya itu bisa dipakai sampai 35 jam tanpa berhenti untuk panggilan telepon.

Fitur yang dimiliki oleh baterai diantaranya balanced mode, yang bisa menghemat atau mengatur pemakaian. Serta Fast battery charging 5V/2A 10W, yang bisa mengisi daya baterai 40 persen hanya 1 jam, sedangkan untuk full atau penuh mencapai 3 jam.

Sementara untuk sistem operasi (OS) menggunakan Android Lollipop 5.0 serta menjalankan MIUI 6. Xiaomi Mi 4i juga sudah mendukung jaringan 4G LTE, Bluetooth 4.1, Wi-Fi display dan Wi-Fi direct.

Meski punya banyak kelebihan, namun HP Xiaomi Mi 4i juga ada kekurangannya. Antara lain tidak disediakan slot penyimpanan eksternal atau microSD. Sehingga untuk menambah penyimpanan harus menggunakan eksternal flashdisk via USB OTG yang tersedia di smartphone tersebut.

Kemudian untuk bodinya berbahan plastik, sehingga ponsel ini tidak terlihat kokoh dan elegan. Sedangkan untuk baterainya kekurangannya ialah berjenis non removable, jadi sulit untuk diganti ketika baterai sudah rusak atau tidak maksimal.

Meski begitu, HP Xiaomi Mi 4i bisa dijadikan referensi Anda yang ingin memiliki smartphone murah dengan spesifikasi yang gahar. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA