HUT Satpol PP, Wali Kota Banjar: Kedepankan Dialog dengan Senyum Ramah

Upacara peringatan HUT Satpol PP ke 69 dan Satlinmas ke-57, di halaman Setda Kota Banjar, Senin (08/4/2019). Foto : Adi Karyanto/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih menjadi inspektur upacara peringatan HUT Satpol PP ke 69 dan Satlinmas ke-57, di halaman Setda Kota Banjar, Senin (08/4/2019).

Dalam sambutannya, Ade Uu mengatakan bahwa Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Pelindung Masyarakat (Satlinmas) mempunyai peran penting, karena sebagai garda terdepan dalam menegakkan peraturan daerah serta perlindungan terhadap masyarakat.

“Atas nama pemerintah dan pribadi, Saya ucapkan Dirgahayu Satpol PP ke-69 dan Dirgahayu ke-57 Satlinmas, serta turut bangga atas pengabdian yang telah dilakukan,” katanya.

Dengan bertambahnya usia Satpol PP dan Satlinmas, Wali Kota Banjar terus menekankan pentingnya dialog serta mengajak Satpol PP dan Satlinmas tetap bersikap ramah kepada masyarakat.

“Dalam menjalankan tugasnya, harus mengedepankan dialog dengan senyum ramah terhadap masyarakat, dan meninggalkan pola pikir dilayani menjadi melayani masyarakat dimanapun berada. Satpol PP harus ada, dimana masyarakat membutuhkan,” tegasnya.

Wali Kota Banjar mengungkapkan, Satpol PP harus mampu memberikan pelayanan yang cepat dan tepat.

“Hal ini lantaran mengingat banyaknya ancaman, halangan, tantangan yang dapat mengganggu ketentraman di masyarakat. Dan keberadaan Satpol PP akan berpotensi lebih kuat, tentunya apabila dibantu oleh Satlinmas,” tuturnya.

Menurutnya, acara peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas ini jangan hanya sebagai rutinitas saja, tetapi jadi ajang evaluasi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing masing.

Ditambahkannya, Satpol PP bukan hanya pasif menjaga kota, tetapi harus berperan aktif dalam melindungi hasil pembangunan dan melayani masyarakat. Selain itu, harus jadi yang terdepan dalam melawan racun demokrasi, yaitu berupa politik uang, politisasi sara, ujaran kebencian, fitnah dan hoax.

Sebelumnya, anggota Satpol PP Kota Banjar mempertunjukkan beladiri BKC. Dari pertunjukan tersebut, Ade Uu berharap supaya semua anggota Satpol PP yang lainnya juga diberikan latihan keterampilan beladiri karena bermanfaat juga untuk kebugaran dan kesehatan.

“Jadi jangan sampai ada anggota Satpol PP yang lemah dan letoy,” ucapnya.

Adapun tema peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas tahun ini adalah “Peningkatan Trantibmum Melalui Peran Satpol PP dan Linmas Guna Menyukseskan Pemilu Tahun 2019”.

Dari tema terkait dengan pemilihan umum 2019, Ade Uu meminta kepada aparatur sipil negara (ASN) agar menjaga netralitasnya, dan jangan terlibat pada organisasi atau perhimpunan yang dilarang oleh negara.

Dan jika terbukti ada ASN yang melanggar, Wali Kota akan menindak sesuai peraturan per undang-undangan yang berlaku.

“Kita simpan pilihan kita di hati saja. Jangan sampai memihak salah satu calon atau pasangan calon. Kita selaku ASN harus fokus pada tupoksi sebagai aparatur pemerintah,” pesannya.

Pada peringatan HUT Satpol PP ke-69 dan Satlinmas ke-57, Wali Kota Banjar juga memberikan apresiasi berupa penghargaan bagi Linmas Desa Sinartanjung yang menjadi juara tiga lomba Baris Berbaris Tingkat Provinsi Jawa Barat, dengan memberikan hadiah berupa uang tunai Rp 5 juta juta. (Adi/R5/HR-Online)