IKAFE Unigal Ujung Tombak Reputasi Kampus

Ikafe Unigal
Temu Alumni Fakultas Ekonomi Unigal dan penguatan IKAFE di Ruang FE Unigal, Rabu (10/4/2019). Foto: Heri/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi (IKAFE) Universitas Galuh (Unigal) disebut sebagai ujung tombak reputasi kampus di mata masyarakat. Hal tersebut dikemukakan saat temu alumni mahasiswa FE angkatan ke-23, Rabu (10/4/2019) di ruang FE Unigal. Temu alumni tersebut sekaligus penguatan keberadaan Ikatan Keluarga Alumni Fakutas Ekonomi (IKAFE) sebagai bagian dari keluarga besar FE Unigal.

“Dengan penguatan IKAFE ini, kami optimis ikatan alumni tersebut akan membawa kemjauan bagi kampus, khususnya Fakultas Ekonomi. Karena forum tersebut mempunyai grand strategy membangun kemitraan antara kampus dan pemerintah, masyarakat dan dunia swasta,” ujar Dekan FE Unigal, Nurdiana Mulyatini SE, MM. pada HR Online, Rabu (10/4/2019).

IKAFE ini, menurut Nurdiana diharapkan nantinya terus berkembang dan menjadi wadah ikatan alumni untuk menyambung silaturahim dan saling berbagi informasi yang bermanfaat untuk para anggotanya. Selain itu, kata Dekan FE ini, ikatan alumni bisa membangun networking para mahasiswa khususnya para alumni FE Unigal. Di samping itu, adanya alumni menjadi salah satu indikator akreditasi suatu fakultas dan universitas secara keseluruhan.

“Teruntuk semua alumni, kami selalu berdoa semoga mendapat peran terbaik dalam pekerjaan nanti atau dalam kehidupannya, dengan itu bisa terus memberikan sumbangsih kepada almamater kita, Univesitas Galuh, khusunya FE,” pungkasnya. 

Sementara Ketua IKAFE, Eva Faridah, S.E., M.Si. yang didampingi sekertaris IKAFE, DR. Nana Darna mengatakan, ikatan alumni merupakan  salah satu aspek yang menjadi tolok ukur keberhasilan almamater dalam mewujudkan visi dan misinya di dunia pendidikan.

“Apalagi FE Unigal mengusung misi ‘Unggul dan Berdaya Saing Global’ sehingga nantinya melalui penguatan  wadah Ikatan Alumni akan terbentuk sinergi yang lebih optimal antara almamater dan alumni,” katanya.

Nana mengatakan IKAFE Unigal ini bisa menjembatani antara keinginan, prospek, dan cita-cita Fakutas Ekonomi. Terlebih, menurut Nana, nantinya diharapkan pengalaman yang dimiliki oleh para alumnus dapat menjadi bekal dan sumber inspirasi bagi adik-adik tingkatnya.

“Dengan adanya penguatan ikatan alumni ini nantinya semua alumni dapat berkoordinasi dan komunikasi untuk memberikan gagasan dengan baik antar sesama pengurus IKAFE. Selain itu, nantinya bisa menyusun pogram-pogram yang bisa memfasilitasi alumni untuk bisa berinteraksi dengan kampus dan almamater,” harapnya.

Di tempat berbeda, Ketua Yayasan Penididikan Galuh Ciamis, H. Otong Taufiq Husni, S.IP., M.Si, sangat mengapresiasi  kegiatan temu alumni FE angkatan ke-23 serta penguatan  IKAFE tersebut. Menurutnya, ikatan alumni tersebut dapat dijadikan wadah komunikasi pengembangan Unigal ke arah yang lebih baik.

“Jalinan komunikasi antar mahasiswa, dosen dan alumni bisa dilakukan secara langsung. Namun, aspek yang secara tidak langsung juga seperti kemajuan kemajuan universitas bisa terealisasikan dengan adanya  ikatan alumni,” katanya.

H. Otong memastikan, pihaknya sangat membutuhkan inovasi untuk mengembangkan kualitas pendidikan di Unigal. “Alumni yang tergabung dalam suatu ikatan alumni dapat menjadi ujung tombak reputasi universitas di masyarakat. Selain itu,  para alumni bisa dijadikan sumber rujukan untuk menyalurkan potensi civitas akademika ke depannya,” pungkasnya. (Her/R7/HR-Online)

KOMENTAR ANDA