Ini Rahasia Orang Selalu Dikejar Rezeki

Ilustrasi. Foto: Net/Ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Setiap orang memiliki garis takdirnya masing-masing, baik itu rezeki, jodoh, maupun kematian. Memang tak bisa dipungkiri, bahwa semua itu sudah diatur oleh yang Maha Kuasa, termasuk urusan rezeki.

Meski sebagian besar orang melakukan kerja keras agar mendapatkan rezeki, baik rezeki keuangan, kesehatan, kebahagiaan serta lainnya, namun tetap saja semua itu bagaimana Tuhan berkehendak.

Sementara itu, di sisi lain ada beberapa golongan yang justru dikejar rezeki dari mana pun asalnya, atau orang yang dijamin rezekinya oleh Alloh SWT. Hal ini juga termaktub dalam Al Qur’an Surat Ath-Thalaq ayat 2-3 yang mana Barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Dia akan memberikannya jalan keluar, dan memberinya dari arah yang tidak disangka-sangka.

Dikutip dari berbagai sumber, ada beberapa rahasia orang yang selalu dikejar rezeki. Hal ini juga berdasarkan firman Alloh dalam Al Qur’an dan Hadist Nabi Muhammad SAW.

  1. Orang yang suka bersedekah. Memberikan sebagian hartanya kepada orang lain merupakan akhlak terpuji. Selain bisa membantu orang lain, Alloh SWT juga menjanjikan bakal menggantinya bagi umatnya yang suka bersedekah dengan ikhlas, baik menggantinya di dunia maupun di akhirat nanti. Hal ini juga ditegaskan dalam Al Qur’an Surat Al Baqarah ayat 261.
  2. Orang yang gemar bersyukur.  

Orang yang selalu berterima kasih atas pemberian dari siapapun, baik itu dari manusia ataupun dari Alloh SWT, pasti akan selalu mendapatkan balasan yang lebih. Apalagi bila seseorang itu selalu bersyukur dan tidak pernah mengeluh sedikit pun atas apa yang dimilikinya, termasuk juga dalam kondisi kekurangan. Sebagaimana dalam Surat Ibrahim ayat 7, bahwa Alloh akan menambahkan nikmat bagi yang bersyukur, memberikan azab bagi yang ingkar atas nikmat yang diberikan-Nya.

  • Sering membaca Al Qur’an Surat Al Waqi’ah

Surat Al Qur’an yang satu ini memang dikenal memiliki keutamaan dalam hal mendatangkan rezeki. Karena itu, kita bisa memperbanyak membaca Surat ini dengan ikhlas. Dalam sebuah hadist riwayat Ibnu Ady juga disebutkan, bahwa kita dianjurkan mengajarkan Surat Al Waqiah kepada istri (keluarga), lantaran sesungguhnya surat ini adalah surat kekayaan.

  • Orang yang sering beristighfar

Memohon ampunan kepada Alloh SWT bisa memperlancar rezeki kita. Pasalnya, terkadang karena dosa-dosa yang dilakukan bisa menutup pintu rezeki. Meski sudah berusaha keras, namun terkadang juga hasilnya pun tak kunjung didapatkan. Ini juga ditegaskan dalam Surat Hud ayat 3.   

  • Berdoa dan berusaha.

Paling penting selain yang disebutkan di atas, adalah selalu berdoa dan berusaha agar apa yang menjadi keinginan dan harapan bisa terkabul, serta terhindar dari hal-hal yang membahayakan diri kita sendiri. Sebagaimana sebuah ungkapan “Man Jadda Wajada” yang artinya barang siapa yang bersungguh-sungguh akan menemukan hal yang diinginkan.

Demikian beberapa kelompok orang yang selalu dikejar rezeki. Meski masih cukup banyak yang lainnya, namun beberapa kelompok di atas memungkinkan bisa dilakukan oleh kita. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA