Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita CiamisIrigasi Naggela di Ciamis Ini Perlu Diperbaiki

Irigasi Naggela di Ciamis Ini Perlu Diperbaiki

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Tembok pintu air saluran irigasi Nanggela, di Blok Situhapa, Dusun Cipondok, Desa Selacai, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, kondisinya rusak parah. Tembok di bagian pintu saluran mengalami keretak dan bocor. Petani setempat meminta Pemerintah Kabupaten Ciamis segera memperbaikinya agar tidak jebol.

Eha, seorang petani, ketika ditemui Koran HR, Senin (01/04/2019), mengatakan, kondisi saluran irigasi Nanggela saat ini bayak yang mengalami kerusakan. Selain adanya pendangkalan akibat sedimentasi, juga masih banyak yang belum disertai tembok penahan dinding.

“Bahkan tembok penahan dinding dibagian pintu sudah retak-retak dan bocor, mengakibatkan, pematang sawah berulang kali ambruk,” katanya.

Ketua RT setempat, Otong, ketika ditemui Koran HR, Senin (01/04/2019), mengamini kondisi tembok penahan dinding di bagian pintu air yang sudah sangat mengkhawatirkan. Bila tidak secepatnya diperbaiki, pihaknya khawatir saluran itu jebol.

Menurut Otong, kerusakan pada pintu irigasi Nanggela mengakibatkan distribusi air ke sejumlah area lahan pertanian menjadi kurang maksimal. Tentunya, kondisi itu menyebabkan produktifitas pertanian juga terganggu.

“Makanya, perlu secepatnya diperbaiki,” katanya. (Dji/Koran HR)

Diskominfo Kota Banjar