Kandungan Gizi Tinggi, Ini 8 Manfaat Jantung Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

Jantung pisang. Foto: Muhafid/HR

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com), Hampir sebagian orang mengetahui manfaat jantung pisang. Ya, salah satu bahan yang bisa dimasak ini ternyata tidak hanya menjadi kuliner khas pedesaan, tapi juga bisa untuk menjaga kondisi kesehatan kita.

Menurut penelitian, jantung pisang memiliki kandungan Vitamin A, B, C, E, serat, niasin, asam pantotenat dan tiamin. Tak hanya itu, bakal pisang ini juga mengandung kalsium, magnesium, fospor, tembaga, besi, mangan, kalium, proteins, zinc (seng), karbohidrat. Karena kandungan ini, bermanfaat untuk tubuh sebagai antibakteri, antimikroba, antivirus, anti-kanker, antioksidan dan anti inflamasi, termasuk bisa menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Dari paparan kandungan di atas, jantung pisang juga bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit, seperti:

  1. Mengurangi hipertensi. Mengkonsumsi jantung pisang setiap hari ternyata bisa menurunkan tekanan darah, sehingga ini sangat baik untuk Anda yang terkena hipertensi.
  2. Mengobati maag. Salah satu kandungan jantung pisang lainnya adalah memiliki protease inhibitor yang mana bermanfaat untuk menghilangkan bakteri tukak lambung serta bisa menekan sekresi asam pada lambung.
  3. Solusi Anemia. Sebagaimana kandungan besi dari jantung pisang ini, mampu meningkatkan kadar hemoglobin tubuh. Sehingga, bisa mencegah anemia.
  4. Sembelit. Kandungan serat yang cukup tinggi bisa mengurangi sembelit Anda karena serat bisa membantu proses pencernaan lancar.
  5. Mencegah kanker. Meskipun jantung pisang bermanfaat untuk kanker bukan pada level kronis, namun ini bisa dijadikan bahan sebagai langkah antisipasi penyakit yang mematikan ini.
  6. Mampu memperkuat rahim. Bagi wanita, jantung pisang yang dicampur dengan biji jintan, lada yang direbus dan ditambahkan seperempat sendok teh garam serta bubuk kunyit juga sangat bermanfaat untuk memperkuat rahim.
  7. Bermanfaat menurunkan berat badan. Manfaat serat dari ini juga bisa membantu orang untuk mengurangi berat badan.
  8. Ginjal sehat. Potasium di dalam jantung pisang ini ternyata bisa mengurangi batu ginjal.

Meski masih banyak sekali manfaat jantung pisang, namun pada prinsipnya bahan yang satu ini akan bermanfaat bila dikonsumsi secukupnya saja, bukan berlebihan. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA