Ketahui Beragam Manfaat Timun untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ketahui Beragam Manfaat Timun untuk Kesehatan dan Kecantikan. Photo : Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Tak hanya dapat diolah dalam berbagai sajian, beragam manfaat timun juga bisa kita dapatkan untuk kesehatan maupun perawatan kecantikan.

Dirangkum dari Fimela.com, Sabtu (20/04/2019), berikut ini beragam manfaat timun bagi kesehatan dan juga perawatan kecantikan;

Redakan Nyeri Sendi

Jika Anda mengalami rasa pada bagian persendian, coba konsumsi segelas jus timun. Diketahui jus timun dapat membantu meredakan nyeri sendi, karena buah tersebut adalah sumber silika yang dikenal mampu memperkuat jaringan sendi lantaran kaya folat, vitamin A, C, D, B1 dan B6, kalsium, potassium, dan magnesium.

Segarkan Napas

Buah timun juga bisa mengatasi masalah bau napas yang tidak sedap. Cara mengaplikasikannya, Anda cukup memotong tipis timun lalu tempel di langit-langit mulut selama 30 detik. Diketahui kandungan dalam timun mampu membunuh bakteri penyebab mulut bau.

Mencegah Dehidrasi & Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Kandungan air yang banyak dalam timun bisa membantu tubuh terhindar dari dehidrasi. Pasalnya, buah tersebut mengandung hampir 95 persen air, sehingga 26 persen kebutuhan air di dalam tubuh manusia bisa didapat dari konsumsi timun. Air yang terkandung dalam timun dapat mendorong produksi air seni yang mampu membuang racun hasil dari metabolisme tubuh.

Membantu Tekanan Darah Tinggi & Turunkan Berat Badan

Kandungan kalium dalam timun mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, kalium juga dapat menetralkan zat sodium yang menjadi pemicu darah tinggi. Timun juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan lantaran jus timun bisa mengurangi kalori.

Membantu Kerja Ginjal

Kandungan kalium, fluorin, silikon serta kadar kalori yang rendah di dalam timun dapat membantu kerja ginjal ketika membuang sisa hasil metabolisme tubuh. Selain itu, timun juga bisa membantu ginjal dalam membuang lemak yang ada di tubuh.

Menjaga Kesehatan Tulang

Buah timun bermanfaat pula untuk menjaga kekuatan tulang. Diketahui timun mengandung vitamin K yang baik guna menjaga kekuatan tulang. Konsumsi air timun sehingga 22 persen asupan vitamin K akan masuk ke dalam tubuh Anda.

Menghambat Berkembangnya Sel Kanker

Tak banyak diketahui orang kalau ternyata timun juga dapat menghambat berkembangnya sel kanker, karena timun memiliki sifat anti tumor. Adapun kanker yang dapat dihambat oleh timun diantaranya kanker rahim, kanker payudara, kanker prostat, dan kanker ovarium.

Biji Timun Mampu Redakan Radang Tenggorokan & Obat Cacing

Biji timun juga bermanfaat sebagai obat radang tenggorokan. Campurkan biji timun ke dalam air garam, setelah itu gunakan untuk berkumur. Selain itu, biji timun mengandung racun alkaloid yang bermanfaat sebagai obat cacing bagi anak-anak.

Manfaat Timun untuk Wajah

Anda pasti sering mendengar manfaat timun yang baik bagi wajah. Selama ini banyak orang yang menggunakan timun sebagai masker. Bukan hanya itu, kini banyak juga produsen kecantikan yang menciptakan skincaare dan masker lainnya yang bahan dasarnya dari timun.

Manfaat timun bagi wajah diantaranya memperbaiki warna kulit wajah, menghilangkan bintik-bintik hitam serta noda pada wajah, mengecilkan pori-pori, membantu mengurangi minyak pada wajah, meremajakan kulit, merawat kulit wajah sensitive, sebagai anti penuaan, dan mengatasi kulit kering.

Manfaat Timun untuk Kesehatan Mata

Bukan hanya bemanfaat untuk kecantikan, tapi timun juga bisa untuk merawat kesehatan mata, diantaranya, dapat mencegah iritasi pada mata karena timun mengandung vitamin C sebagai antioksidan.

Selain itu, kandungan airnya bisa membuat mata terasa segar, sekaligus menjaga kelembaban mata. Kemudian, mencegah keriput di area bawah mata lantaran timun mengandung kalium dan vitamin E.

Timun juga mampu mengatasi masalah kantung serta lingkaran hitam dan mengurangi bengkak pada mata. Dengan menempelkan irisan timun segar pada mata selama 15 sampai 20 menit, maka Anda sudah bisa merasakan manfaat timun untuk mata. (Eva/R3/-HR-Online)