Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita BanjarKota Banjar Raih Penghargaan Prestasi Kinerja Sangat Tinggi

Kota Banjar Raih Penghargaan Prestasi Kinerja Sangat Tinggi

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Kota Banjar kembali berhasil meraih penghargaan Prestasi Kinerja dengan Status Sangat Tinggi, dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah peringkat ke-8 tingkat nasional.

Penghargaan yang bertepatan dengan puncak peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-XXIII ini diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahyo Kumolo, dan diterima langsung Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (25/4/2019).

Penilaian ini berdasarkan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2017, yang nilainya mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama kementerian/lembaga terkait telah melakukan EKPPD berdasarkan LPPD yang disampaikan oleh para kepala daerah. Pada tahun 2018, EKPPD terhadap LPPD Tahun 2017 dilakukan terhadap 523 daerah otonom, yakni 33 provinsi, 397 kabupaten dan 93 kota.

Wali Kota Banjar dalam keterangan pers yang diterima HR Online mengatakan, bahwa dengan diraihnya penghargaan tersebut, diharapkan menjadi motivasi bagi semua OPD di lingkup Pemerintah Kota Banjar, untuk lebih meningkatkan kinerjanya melalui berbagai terobosan inovasi baru.

“Sehingga program kegiatan yang berhubungan dengan pelayanan publik dapat dilaksanakan secara maksimal,” kata Wali Kota.

Selain itu, Ade Uu juga mengucapkan terimakasih kepada semua OPD dan seluruh elemen masyarakat Kota Banjar, yang sudah ikut berpartisipasi aktif dalam setiap program pembangunan di Kota Banjar.

“Penghargaan ini diberikan karena Pemerintah Kota Banjar dinilai berhasil menyelenggarakan pemerintahan daerah dengan prestasi kinerja dengan status sangat tinggi. Mudah-mudahan Banjar makin berseri,” pungkasnya.

Di puncak peringatan hari Otonomi Daerah ke-XXIII, Kemendagri memberikan penghargaan kepada 23 provinsi, kabupaten, dan kota, termasuk Kota Banjar. Berikut ini daftar daerah yang menerima penghargaan: 

Provinsi

1. Jawa Timur

2. Jawa Barat

3. Nusa Tenggara Barat

Kabupaten

1. Kabupaten Sidoarjo

2.Kabupaten Pasuruan

3. Kabupaten Karanganyar

4. Kabupaten Banyuwangi

5. Kabupaten Kuningan

6. Kabupaten Bone

7. Kabupaten Bintan

8. Kabupaten Bulukumba

9. Kabupaten Gianyar

10. Kabupaten Pohuwato

Kota

1. Kota Makassar

2. Kota Gorontalo

3. Kota Semarang

4. Kota Pekanbaru

5. Kota Tangerang

6. Kota Cimahi

7. Kota Madiun

8.Kota Banjar

9. Kota Surabaya

10. Kota Denpasar

(Adi/R5/HR-Online)