KPU Kota Banjar Gelar Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Pemilu 2019

KPU menggelar rapat pleno di komplek Gudang KPU Kota Banjar yang terletak di Tanjungsukur, Kelurahan Hergarsari, Kecamatan Pataruman. Foto: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu 2019, Selasa (30/04/2019). Kegiatan tersebut berlangsung di komplek Gudang KPU Kota Banjar yang terletak di Tanjungsukur, Kelurahan Hergarsari, Kecamatan Pataruman.

Pantauan HR Online di lapangan, dalam pleno yang diikuti oleh hampir semua elemen peserta pemilu tersebut dijaga ketat oleh aparat Kepolisian, TNI dan Satpol PP. Sementara itu, Dinas Kesehatan serta petugas dari Damkar juga disiapkan di lokasi pleno tingkat kota tersebut.

Selain itu, berdasarkan informasi yang dihimpun, pleno yang digelar KPU tersebut berlangsung pada Minggu (28/04/2019) untuk Kecamatan Purwaharja dan Pataruman, dan hari Selasa (30/04/2019) untuk Kecamatan Banjar dan Langensari. Hadir juga dalam pleno tersebut Komisioner KPU, Bawaslu, para saksi dari peserta pemilu, tokoh masyarakat, Kapolres Banjar, Kodim 0613 Ciamis, Kejaksaan Negeri Banjar serta tamu undangan lainnya.

Ketua KPU Kota Banjar, Dani Danial Muklis, mengatakan, bahwa proses tahapan Pemilu 2019 dari awal hingga akhir penutupan pleno tingkat kota tersebut berlangsung aman, lancar dan kondusif. Hal itu sesuai dengan harapan semua pihak.

“Ini jelas sesuai dengan ekspetasi kita semua yang mana warga Kota Banjar tidak hanya berkualitas, tapi berintegritas dalam pemilu ini. Apalagi hingga akhir rapat pleno ini semua pihak, terutama saksi dari semua perwakilan peserta pemilu menerima hasil akhirnya,” jelas Danial kepada awak media.

Danial menambahkan, meski pihaknya belum menghitung secara pasti angka partisipasi masyarakat Kota Banjar dalam menyalurkan hak pilihnya, namun berdasarkan hasil evaluasi sementara diprediksi angkanya mencapai 81 hingga 82 persen.

“Alhamdulillah di sini lancar semua. Meski ada dinamika selama proses pelaksanaan, namun tidak seperti di daerah lain. Selain itu, penyelenggara di kami juga tidak ada yang meninggal, namun ada yang sakit. Kita juga sudah menjenguk mereka,” pungkasnya.

Berdasarkan informasi, hasil pleno tersebut akan langsung dikirim ke KPU Provinsi malam ini oleh KPU Banjar dengan pengawalan dari Kepolisian. (Muhafid/R6/HR-Online)