Lidah Mertua, Tanaman Hiasan Rumah Segudang Manfaat

Ilustrasi. Foto: Net/Ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Lidah mertua merupakan salah satu tanaman yang cukup banyak manfaat dan populer di berbagai negara, bahkan tak sulit untuk mendapatkannya di Indonesia. Selain sebagai hiasan di rumah, tanaman ini juga memiliki banyak sekali manfaatnya.

Tanaman ini memiliki ciri fisik daun yang memanjang dan warna hijau. Selain itu, terdapat juga bintik-bintik putih di atasnya. Diketahui, biasanya orang sengaja menanam ini hanya sebagai hiasan saja di rumah, padahal sesungguhnya memberikan cukup banyak manfaat bagi kita. Di antara manfaat lidah mertua tersebut, adalah:

  1. Bisa menghasilkan oksigen. Berdasarkan sebuah studi di Amerika, menyebutkan bahwa tanaman ini merupakan jenis tanaman yang paling banyak mengahasilkan oksigen, selain ficus dan pothos. Karena itu, tanaman ini sangat baik sekali untuk di rumah agar suasana rumah bisa semakin sejuk.
  2. Solusi polusi udara. Tak hanya bisa menghasilkan oksigen, tanaman ini juga bisa menghilangkan polusi yang jelas sangat berbahaya sekali bagi kesehatan. Apalagi polusi dapat menimbulkan kanker bagi manusia. Sekitar tahun 1989, NASA melakukan uji coba terhadap tanaman ini untuk mengontrol udara serta polusi. Dari penelitian ini, ternyata memiliki manfaat menyerap CO2, banzena, formaldehyde, xylene serta toluene.
  3. Mampu menyerap kandungan CO2 pada malam hari. Meskipun soal tanaman ini menghasilkan oksigen cukup masih menjadi perdebatan, namun yang paling jelas adalah tanaman ini mampu menyerap CO2 pada malam hari. Pada malam hari, lidah mertua ini membuka stomata guna meminimalkan kekeringan saat panas.
  4. Bermanfaat mengurangi alergi udara. Selain mampu menyerap CO2 dan senyawa organik, tanaman ini juga memiliki kemampuan dapat mengurangi alergi yang disebabkan oleh udara. Artinya, tanaman ini bisa menjadi filter udara yang berdampak udara semakin bersih.
  5. Energi pelindung. Menurut ilmu Feng Shui, tanaman ini dipercaya dapat melawan energi negatif, apalagi jika diletakkan di sudut ruangan yang tepat. Adapun tempat terbaik meletakkan tanaman ini, adalah di sudut tenggara, selatan atau timur.

Demikian beberapa manfaat lidah mertua selain untuk tanaman hiasan. Karena cukup banyak gunanya, tanaman ini terkadang dihargai cukup fantastis untuk tiap pot-nya, bahkan di luar negeri, Amerika melalui toko online Amazon, bisa mencapai Rp 1,5 juta. (Muhafid/R6/HR-Online)