Makanan Penjaga Stamina Supaya Tidak Mudah Lelah saat Beraktivitas

Ilustrasi makanan penjaga stamina. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Makanan penjaga stamina serta suplemen sangat dibutuhkan oleh mereka yang bekerja keras setiap harinya. Seperti petugas Pemilu 2019 yang bekerja setiap hari.

Mereka yang bekerja keras selain membutuhkan istirahat yang banyak juga membutuhkan penambah energi dan stamina untuk mengusir rasa lelah.

Makanan penjaga stamina bersumber dari kombinasi protein, lemak, serta karbohidrat natural yang sehat. Makanan yang mengandung vitamin, mineral serta nutrisi tersebut bisa membantu menjaga energi.

Dengan kaya akan nutrisi yang seimbang bisa menstabilkan gula darah serta zat besi pada tubuh. Itulah mengapa saat memakan makanan yang kalorinya tinggi namun nutrinya rendah, energi akan cepat terkuras dan cepat lelah.

Lantas, apa saja makanan penjaga stamina itu? Berikut ini ulasannya yang R Online rangkum dari berbagai sumber.

1. Daging ayam

Makanan favorit orang Indonesia ini ternyata bisa membuat tubuh tetap fit. Pasalnya, di dalamnya terdapat zat yang bisa menambah CoQ10. Coenzyme Q10 bisa memberikan 95% energi dan menjaga kesehatan organ tubuh.

Sementara untuk organ tubuh yang memerlukan energi besar yaitu antara lain hati, jantung serta ginjal. Dengan bantuan dari CoQ10, maka organ tubuh tersebut bisa tetap terlindungi kesehatannya.

Dengan bertambahnya umur, maka tubuh hanya memproduksi Coenzyme Q10 dengan jumlah yang tidak banyak. Sehingga orang yang sering bekerja keras atau terus beraktivitas setiap harinya, sangat membutuhkan asupan daging ayam.

Dengan memakan daging ayam sebanyak 3 ons, maka yang dihasilkan adalah 30 miligram energi untuk tubuh.

2. Daging sapi tanpa lemak

Makanan penjaga stamina lainnya adalah daging sapi yang tidak ada lemaknya. Makanan tersebut bisa menjaga badan dari rasa lelah karena di dalamnya terkandung zat besi yang diperlukan untuk menstabilkan tubuh.

Zat besi tersebut digunakan oleh tubuh untuk memperlancar asupan oksigen dalam darah, serta mengalirkannya ke jaringan tubuh.

Sedangkan untuk tingkat sel, daging sapi tanpa lemak ini bisa memproduksi energi. Karena, dalam 1 porsi daging sapi tanpa lemak, bisa mengcover 12% yang dibutuh oleh tubuh untuk menjalankan aktivitas.

3. Telur

Seperti diulas di atas, bahwa makanan dengan kaya akan nutrisi yang seimbang, bisa menstabilkan gula darah serta zat besi pada tubuh. Sedangkan telur sendiri di dalamnya terkandung nutrisi dasar, yaitu vitamin B6 serta B12, yodium dan protein.

Telur yang merupakan makanan penjaga stamina ini bisa dijadikan alternatif pengganti dari kopi. Karena, 1 porsi telur bisa menambah energi yang sangat berguna untuk tubuh dalam menjalankan aktivitas.

4. Rumput laut

Tidak jauh berbeda dengan telur, rumput laut juga mempunyai kandungan mioneral serta yodium yang bisa menghasilkan energi.

5. Bayam

Makanan penjaga stamina selanjutnya adalah bayam. Dalam 1 cangkir bayam mentah terkandung magnesium atau mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk proses energi.

6. Almond

Salah satu zat yang bisa merubah makanan menjadikan energi adalah vitamin B7 yang terdapat di dalam Almond.

Vitamin B7 atau nama lainnya biotin ini juga bisa membantu proses metabolisme protein, lemak, serta karbohidrat.

Jadi untuk Anda yang beraktivitas secara mobile, tidak ada salahnya menyediakan almond sebagai cemilan, karena bisa memberikan energi tambahan. (Adi/R5/HR-Online)