Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan

ILustrasi. Foto: Net/Ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Jika membahas soal warga Indonesia, maka tidak akan lepas dari masalah makanan, apalagi dengan karakter makanan yang pedas. Hebatnya lagi, hampir tiap daerah memiliki ciri khas masing-masing dalam hal sambal, termasuk level pedasnya.

Meski makanan yang memiliki rasa pedas terkadang dihindari sebagian orang yang memiliki masalah pada perut serta lainnya, namun ternyata sisi baiknya juga cukup banyak. Di antara manfaat makanan pedas bagi kesehatan adalah:

  • Berat badan tetap ideal. Diketahui, cabai memiliki kandungan capsaicin yang mana dapat mempengaruhi sistem metabolisme dalam tubuh, yakni mempercepat proses pembakaran kalori. Selain itu, kandungan ini juga bisa menghangatkan tubuh sehingga bisa meningkatkan denyut jantung. Proses ini akan berdampak baik pada sirkulasi darah dan organ  kardiovaskular jadi lebih sehat.
  • Baik untuk kesehatan jantung. Masih soal kandungan dalam cabai, yakni capsaicin. Dikutip dari berbagai sumber, dikatakan bahwa capsaicin bermanfaat mencegah penggumpalan darah serta mencegah dari dampak kolesterol jahat yang bisa merusak pembuluh darah. Dengan manfaat ini, makanan yang pedas bisa bermanfaat untuk kesehatan jantung.
  • Sirkulasi darah. Sebagaimana penjelasan di atas, bahwa kandungan dalam cabai bisa memperlancar sirkulasi darah. Karena ini, resiko terdampak hipertensi atau darah tinggi dapat turun dengan manfaat makan yang pedas. Tak hanya itu, kandungan vitamin A dan C di dalamnya bisa membuat pembuluh darah menjadi semakin sehat.
  • Anti kanker. Berbagai studi membuktikan bahwa kandungan capsaicin memiliki kelebihan menghambat perkembangan sel kanker. Di tahun 2019 sebanyak 228 ribu orang penderita kanker di Amerika mengikuti uji coba terkait manfaat cabai. Ternyata hasilnya kandungan di dalamnya sangat efektif menghentikan dan menghambat kanker.
  • Saluran pencernaan. Manfaat dari kandungan cabai lainnya adalah dapat membutuh berbagai bakteri yang menyasar ke bagian pencernaan dalam tubuh, seperti H.pylori. Adanya kandungan ini, secara langsung dapat memperlancar proses pencernaan di dalam tubuh.

Dari beberapa poin manfaat makanan pedas bagi kesehatan, namun tidak dianjurkan mengkonsumsi secara berlebih. Pasalnya, jika memakan berlebihan justru akan berdampak buruk, seperti menimbulkan perut mules hingga mencret, radang tenggorokan, serta lainnya. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA