Manfaat Tomat untuk Wajah, Bisa Menambah Kecantikan Anda

Ilustrasi manfaat tomat. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Manfaat tomat bukan hanya untuk kesehatan tubuh tapi juga bisa membuat wajah menjadi bersih, cerah, mulus sehingga bisa menambah kecantikan terutama untuk kaum hawa.

Hal itu disebabkan karena di dalam tomat terdapat kandungan likopen tinggi, yang bisa menjadikan wajah menjadi berseri. Buah atau sayuran yang satu ini untuk perawatan wajah dapat diaplikasikan atau dijadikan jus atau bisa juga dimakan langsung.

Bahkan, wanita Korea memanfaatkan tomat untuk menjadikan wajah menjadi glowing atau bersinar secara alami, yang sedang tren di kalangan wanita Negeri Gingseng ini. 

Lantas apa saja manfaat tomat untuk wajah? Berikut ini ulasannya yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

1. Wajah menjadi cerah

Seperti kita ketahui bahwa tomat kaya atau tinggi akan kandungan vitamin C-nya. Dengan adanya kandungan tersebut, manfaat tomat tentu mujarab untuk membuat wajah menjadi cerah.

Bagaimana cara mengaplikasinnya di wajah? Untuk membuatnya tidak lah sulit. Setelah tomat dibersihkan, iris tipis-tipis tomat tersebut. kemudian taruh potongan tomat itu ke wajah Anda yang terlebih dulu dibersihkan.

Biarkan dalam waktu sekitar 15 menitan, hal itu bertujuan supaya elemen atau zat yang ada di dalam tomat masuk ke dalam kulit wajah. Setelah itu, dibilas dengan menggunakan air bersih. Untuk hasil yang maksimal cara tersebut dilakukan dengan rutin setiap hari.

2. Menghilangkan jerawat

Jerawat merupakan musuh utama bagi wajah, terlebih bagi Anda yang ingin tampil cantik.

Untuk melawan jerawat saat ini sudah banyak obat/krim kimia yang bisa di dapatkan di toko apotek, namun resikonya adalah biasanya menimbulkan efek samping kalau tidak cocok di kulit wajah Anda.  

Tapi jangan khawatir bagi Anda yang ingin menghilangkan jerawat bisa dengan menggunakan bahan alami. Cukup dengan membuat masker wajah berbahan tomat.

Caranya, siapakan beberapa tomat kemudian dihaluskan lalu dicampurkan dengan air lemon yang sudah diperas kurang lebih dua sendok makan. Setelah itu bisa diaplikasikan pada wajah Anda.

Untuk penggunaanya bisa dilakukan setiap hari, karena dengan berbahan alami sehingga aman untuk wajah dan jerawat pun bisa hilang dengan cepat.

3. Mengecilkan pori-pori

Wajah Anda akan kurang enak dipandang jika di kulitnya terdapat pori-pori yang besar. Lantas bagaimana cara mengecilkan pori-pori tersebut? Anda bisa memanfaatkan tomat.

Buat terlebih dulu jus tomat, kemudian bersihkan wajah Anda dengan memakai handuk dari air hangat tujuannya adalah supaya pori-pori pada wajah akan terbuka sehingga mudah untuk membersihkannya, lalu kompres wajah.

Setelah itu, siapkan kapas dan celupkan kapas tersebut ke jus tomat. Kemudian dioleskan ke wajah dan diamkan kurang lebih sepuluh menit. Setelah itu dibilas dengan menggunakan air dingin.

4. Mengurangi kadar minyak

Manfaat tomat lainnya adalah bisa mengurangi kadar minyak di wajah. Wajah yang berminyak tidak cuma bisa menjadikan jerawat, tapi pula menjadikan wajah kelihatan kusam.

Caranya, siapkan tomat dan mentimun, lalu diblender sampai benar-benar halus. Kemudian tempelkan ke wajah dan diamkan kurang lebih setengah jam. Langkah terakhir dibilas menggunakan air dingin.

5. Menangkal radikal bebas

Selain mengandung vitamin C, ternyata tomat juga mengandung antioksidan yang bagus untuk wajah Anda. manfaat tomat yang dijadikan masker karena dengan adanya kandungan antioksidan tersebut bisa menangkal atau melindungi wajah dari “serangan” radikal bebas, yang bisa berpengaruh buruk terhadap kulit wajah Anda. (Adi/R5/HR-Online)