mIRC dan Yahoo Messenger, Aplikasi Chating yang Populer pada Masanya

mIRC dan Yahoo Messenger
mIRC dan Yahoo Messenger. Foto: Net/Ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Jika Anda sudah mengenal internet sejak awal tahun 2000, pasti Anda mengenal dua aplikasi chating ini, mIRC dan Yahoo Messenger.

Terutama bagi Anda yang sering menghabiskan waktu dengan bermain di warnet (warung internet) pasti tahu dengan dua aplikasi chatting ini. Khususnya mIRC, mungkin menjadi aplikasi wajib yang selalu ada di setiap warnet.

Kedua aplikasi ini hadir sudah lama bahkan sebelum era BBM (BlackBerry Messenger) menjamur di Indonesia. Sayangnya, mIRC dan Yahoo Messenger kini tinggal kenangan, kedua aplikasi ini sudah lama resmi ditutup.

mIRC berbeda dengan aplikasi WhatsApp. Pada aplikasi WA Anda setidaknya sudah kenal dengan pengunanya sebelum akhirnya ber-chating ria.

Pada mIRC memungkinkan Anda untuk berkenalan dengan siapa saja dan ngobrol asyik secara online. Bisa dibilang mIRC merupakan bentuk awal dari media sosial. Tentunya jauh sebelum Facebook dan sejenisnya muncul.

Bila Anda belum memiliki teman Anda bisa bergabung melalui channel atau zaman sekarang bisa disamakan dengan Group. Di Channel tersebut Anda bisa berkenalan dengan para anggota yang sudah bergabung di sana. Channel ini mempunyai moderator dan juga pemilik ruang.

Bahkan banyak juga orang yang chatting dengan pengguna yang berasal dari negara lain. Nah untuk Anda yang dulu sering menggunakan aplikasi mIRC, Anda pasti kangen dengan sapaan ‘ASL PLS’ yang merupakan singkatan dari Age, Sex, dan Location, please!

‘ASL PLS’ ini biasanya digunakan di awal pertemanan untuk mengetahui umur, jenis kelamin dan lokasi di mana pengguna berada. Misalnya Anda perempuan berumur 20 tahun dan tinggal di kota Bandung, Anda bisa menjawabnya dengan 20/F/Bandung.

Aplikasi chating yang populer pada tahun 90-an ini, juga memiliki beberapa singkatan yang kerap digunakan para anggotanya. Misalnya, CMIIW (Correct Me If I Wrong), brb (be right back) dan thx (thank you).

Pada awal tahun 2000, mIRC kalah pamor dengan aplikasi pesan instan laiinya yakni Yahoo Messenger, kelebihannya dibanding mIRC saat itu, YM sudah mampu untuk melakukan panggilan suara, walaupun masih lambat atau lemot.

Sementara Yahoo Messenger atau YM merupakan salah satu aplikasi chatting paling banyak digunakan di awal tahun 2000-an. YM tercatat mampu menjaring 1 miliar pengguna pada masa kepopulerannya.

Ketika internet masih digunakan via PC Komputer dan belum banyak yang menggunakan internet pada handphonde, YM merupakan satu-satunya aplikasi yang bisa mengirim pesan lebih cepat dari SMS.

Selain itu, aplikasi keluaran Yahoo ini juga memiliki sederet fitur menarik seperti misalnya telepon dan video. Terutama untuk video, banyak pengguna YM yang menggunakan kamera laptop atau kamera sendiri yang terpisah jika menggunakan komputer untuk saling sapa dan bercengkerama dengan pengguna lintas kawasan. Zaman sekarang, mungkin sama dengan teknologi video call pada aplikasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan sejenis.

Anda yang ingin chating dengan menggunakan Yahoo Messenger pun cukup dengan membuat akun email di Yahoo. Anda juga bisa bergabung di room Yahoo yang memungkinkan pengguna dari seluruh dunia untuk bergabung.

Misalnya, Room Bandung 1, hingga Bandung 20, biasanya berisi anak-anak Bandung atau anak-anak Jawa Barat yang tinggal di Bandung maupun sedang merantau ke daerah lain atau pun mereka yang sedang bekerja di Luar Negeri.

Ada pula room-room lain yang disesuaikan dengan tema-tema tertentu, misalnya sesuai dengan hobi atau pekerjaan para penggunanya. Room Yahoo bisa disamakan dengan WaG (WhatsApp Group) pada zaman sekarang.

Room pada Yahoo ini telah melahirkan banyak komunitas room yang masih eksis sampai saat ini. Walaupun pada kenyataannya Yahoo Messenger sudah ditutup sejak Juli 2018 lalu. Tercatat YM sudah beroperasi selama 20 tahun sebelum akhirnya ditutup.

YM resmi ditutup tepat tanggal 17 Juli 2018, karena dianggap tidak menarik lagi oleh para penggunanya. Berbagai aplikasi pesan instan sejenis yang banyak menjamur dengan fitur-fitur yang menarik membuat YM terlihat ketinggalan zaman.

Itulah aplikasi chating yang pernah populer pada masanya, mIRC dan Yahoo Messenger. Bagaimana dengan Anda? Apa aplikasi chating pertama yang pernah Anda gunakan? (Ndu/R7/HR-Online)