Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita PangandaranOrang Gila Kabur dari Kantor Dinsos PMD Pangandaran Setelah Kelabui Pegawai

Orang Gila Kabur dari Kantor Dinsos PMD Pangandaran Setelah Kelabui Pegawai

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Orang gila yang berkeliaran di Alun-alun Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jum’at (5/4/2019), diamankan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pangandaran.

Setelah diamankan, anggota Satpol PP langsung menyerahkannya ke Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Pangandaran.

Sekretaris Dinsos PMD Kabupaten Pangandaran, Jtomi Suryadi mengatakan, pihaknya menerima satu Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dengan jenis kelamin perempuan yang diserahkan petugas Satpol PP.

Namun ada kejadian menarik di Kantor Dinsos PMD Kabupaten Pangandaran. Orang gila yang diamankan itu berhasil kabur setelah berhasil mengelabui petugas Dinsos PMD.   

“Sesampainya di kantor, ODGJ itu bilangnya sakit sambil memegang perutnya. Lalu kami memberikan makan dan minum, takutnya dia kelaparan,” ucapnya kepada HR Online.

Namun, lanjutnya, setelah diberi makan, ODGJ itu tetap seperti kesakitan dan mau buang air besar.

“Dia bilang sakit-sakit, ingin buang air besar, lalu kami mengarahkanya ke toilet. Setelah menunggu lama, ternyata ODGJ yang mengaku asal Semarang itu kabur lewat jalan belakang,” paparnya.

Sementara, Kepala Seksi Ketertiban Umum Satpol PP Kabupaten Pangandaran Umar mengatakan, diamankannya orang gila yang meresahkan itu setelah pihaknya menerima laporan dari warga.

Bahkan, ODGJ ini juga dikabarkan kerap mengambil makanan dari warung dan mencuri jemuran milik warga.

Setelah menerima laporan tersebut, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Dinsos PMD dan Dinas Kesehatan Pangandaran untuk melakukan tindakan penertiban.

“Lalu kami menangkap ODGJ itu saat berada di Alun- alun Parigi. Meski sempat lari dan mengamuk, akhirnya kami bisa menangkap dan menyerahkannya ke Dinsos PMD,” ucapnya.

Umar mengungkapkan, ODGJ yang berkeliaran di Pangandaran merupakan buangan dari berbagai daerah, dan jumlahnya pun cukup banyak.

“Kepada masyarakat yang merasa resah dengan tingkah laku orang gila, mohon segera melapor langsung ke Satpol PP,” pungkasnya. (Ceng/R5/HR-Online)