Patut Dicoba, Ini Aplikasi Saingan WhatsApp Karya Anak Bangsa

Aplikasi karya anak bangsa. Foto: Screenshot Play Store

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Aplikasi penunjang komunikasi pada smartphone kini sangat beragam sekali, mulai dari yang biasa saja hingga yang memiliki fitur lengkap, seperti aplikasi besutan China We Chat, pesan instan asal Rusia Telegram hingga paling populer WhatsApp.

Meski memiliki keunggulan masing-masing, namun orang Indonesia juga patut berbangga diri karena pesan instan hasil karya anak bangsa juga perlu diapresiasi. Tak hanya menjadi aplikasi saingan WhatsApp, produk dalam negeri ini menawarkan keamanan serta kepastian layanan yang cukup baik.

Di antara aplikasi saingan WhatsApp asli produk dalam negeri ini yang sudah bisa didownload di Play Store adalah, PesanKita, Catfiz Messenger, Pusat Pesan APUS, serta GOJEK.

Aplikasi PesanKita. Foto: Screnshoot Google Play Store

Pertama, aplikasi PesanKita diketahui dirilis sejak 1 Juni 2017 lalu. Fitur di dalamnya persis seperti WhatsApp serta aplikasi lain yang bisa mengirimkan pesan, foto, file, video, telepon. Hebatnya, aplikasi ini mengklaim dalam hal pengiriman foto dan video resolusinya tidak turun, berbeda dengan lainnya yang secara otomatis turun. Sementara di tahun 2019 ini, aplikasi ini ada pembaharuan dengan adanya fitur Kawal Pilpres sejak 12 April.

Soal fitur grup, aplikasi ini bisa menampung lebih dari 256 anggota. Selain itu, fitur pengatur waktu untuk menghapus pesan setelah dibaca penerima juga ada. Tak hanya itu, fitur enkripsi serta pencegah screenshot atau cuplikan layar menjadi andalan dari aplikasi ini. berbeda dengan WhatsApp yang tengah mengembangkan layanan ini. Adapun bobot aplikasi ini adalah 25,49 MB, serta sudah diunduh lebih dari 10 ribu kali dan mendapatkan ribuan ulasan dari pengguna. Rating sendiri sudah mencapai bintang 4,3. Mau coba? Silakan download saja.


aplikasi Catfiz Messenger.

Selanjutnya aplikasi Catfiz Messenger. Aplikasi dengan rating bintang 4,2 di Play Store ini sudah diulas lebih dari 40 ribu.  Dengan bobot 12 MB, aplikasi ini sangat ringan digunakan, apalagi memiliki fitur yang merupakan gabungan dari instant messaging, interaksi sosial media, streaming multimedia, serta layanan cloud storage. Sehingga, pantas saja aplikasi ini sudah lebih dari 1 juta yang mendownload di Play Store.

Kelebihan aplikasi yang dirilis 6 November 2012 ini, di antaranya bisa menjaga privasi pengguna dengan tidak menampilkan nomor telepon, bisa berbagi file apapun hingga 500 MB, memutar video tanpa harus mengunduhnya hingga kapasitas grup yang bisa mencapai 2000 member.


Aplikasi Pusat Pesan APUS

Kemudian kelebihan aplikasi Pusat Pesan APUS di antaranya memiliki fitur manajemen pesan cukup unik, yakni pengelolaan satu langkah (one stop) semua pesan, sehingga pesan tersebut tidak mudah tersebar begitu saja. Aplikasi berbobot 9,07 MB yang dirilis 16 Oktober 2014 ini mendapatkan rating bintang 4,6 dengan sekitar 990 ribu ulasan dan 10 juta download. (Muhafid/R6/HR-Online)