Akhirnya, Pelantikan Bupati Ciamis Digelar 20 April

pelantikan bupati ciamis
Herdiat Sunarya dan Yana D. Putra, Bupati dan Wakil Bupati Ciamis terpilih hasil Pilkada 2018. Foto: dok HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Setelah sebelumnya sempat ditunda, pelantikan Herdiat Sunarya dan Yana D. Putra sebagai Bupati Ciamis dan Wakil Bupati Ciamis hasil Pilkada 2018 lalu kini menemui kejelasan. Beberapa unggahan di media sosial menunjukkan surat undangan dari Gubernur Jawa Barat tentang pelantikan Bupati Ciamis yang akan dilaksanakan pada 20 April 2019 mendatang.

H. Adang Darajat, Asisten Daerah (Asda) 1 Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Ciamis membenarkan kabar tersebut. “Sudah ada surat undangan Gubernur Jawa Barat mengenai pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Ciamis,” katanya.

Lebih lanjut H. Adang mengatakan, pelantikan tersebut akan dilaksanakan pada Sabtu, 20 April 2019 di Gedung Sate Bandung. “Setelah pelantikan bupati akan ada penyambutan di perbatasan Ciamis, renacanya juga (Bupati Ciamis terpilih, red) akan diarak dan disambut di Pendopo Ciamis,” terang H. Adang.

Menurutnya, masyarakat Ciamis menyambut gembira atas pelantikan bupati baru Kabupetan Ciamis ini. “Nantinya, pak Herdiat dan Pak Yana akan disambut semua elemen masyarakat Ciamis, ada tokoh-tokoh masyarakat juga akan ikut menyambut di Pendopo,” terangnya.

Selain itu, kata H. Adang juga akan digelar serah terima jabatan dari Bupati Ciamis sebelumnya pada Herdiat Sunarya sebagai Bupati Ciamis terpilih.

Sementara biasanya setelah pelantikan ada penyampaian visi misi yang biasa digelar di DPRD Kabupaten Ciamis. “Belum ada jadwal kalau untuk itu (penyampaian visi misi, red), karena anggota DPRD masih sibuk setelah Pemilu,” katanya.

Sebelumnya, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Ciamis sempat ditunda oleh Gubernur Jawa Barat melalui surat tertanggal 21 Maret 2019. Penundaan pelantikan tersebut berdasarkan surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri No. 131/2473/SJ.

Pada surat edaran Mendagri tersebut tercantum saran agar pelantikan beberapa kepala daerah hasil Pilkada serentak pada 2018 lalu ditunda. Alasannya untuk menjaga kondusifitas daerah saat Pemilu pada 17 April 2019. Selain Kabupaten Ciamis, Kota Bogor juga termasuk daerah yang pelantikan kepala daerahnya ditunda.

Jadwal pelantikan Bupati Ciamis sendiri, semula akan dilaksanakan pada  7 April 2019 kemudian ditunda. Ketika masa jabatan Bupati Iing Syam Arifien habis, jabatan Bupati Ciamis dijalankan oleh pelaksana harian, Asep Sudarman, yang sebelumnya menjabat sebagai Sekda Kabupaten Ciamis. Asep Sudarman menjabat sebagai Plh Bupati Ciamis terhitung mulai 7 April 2019 sampai dengan tanggal 19 April 2019. (Fahmi/R7/HR-Online)