Menunggu 10 Bulan, Ribuan Warga Ciamis Sambut Bupati Baru

pelantilkan bupati ciamis
Herdiat Sunarya, usai pelantikan disambut ribuan warga di Pendopo, Sabtu (20/4/2019). Foto: Dok. HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Herdiat Sunarya dan Yana D. Putra harus menunggu 10 bulan untuk dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Ciamis periode 2019-2024. Pelantikan Bupati Ciamis memang sempat ditunda karena menunggu Pemilu 2019 selesai.

Padahal, pasangan kepala daerah ini ditetapkan KPU sebagai pemenang Pilkada Ciamis pada 25 Juli 2018 dengan perolehan suara 415.767 atau sekitar 59.59%.

Perjalanan panjang tersebut akhirnya terbayar lunas hari ini, Sabtu (20/4/2019) saat keduanya dilantik oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Gedung Sate, Bandung.

Sebelumnya, pelantikan bupati Ciamis ini sempat ditunda, seyogyanya Herdiat-Yana dilantik pada 7 April 2019, namun ditunda berdasarkan Surat edaran Mendagri Nomor 131/2473/SJ tanggal 18 Maret 2019, alasannya untuk menjaga kondusifitas Pemilu 2019.

Maka tak heran, usai dilantik di Gedung Sate, Bandung, Herdiat-Yana yang kembali pulang ke Ciamis, kedatangannya disambut ribuan warga yang sudah menunggu mulai dari perbatasan Ciamis, di Kecamatan Cihaurbeuti.

Sebelum masuk Pendopo pada pukul 16.00 WIB, pasangan Herdiat-Yana ini bahkan dicegat oleh warga Ciamis yang sudah menunggunya sejak siang. Mereka berkumpul di sepanjang Jalan Sudirman hingga Pendopo Bupati Ciamis.

Bupati Herdiat bersama wakilnya, Yana D. Putra menyapa warga yang sudah berjajar di pinggir jalan. Terlihat guru-guru Paud menyambut kedatangan Bupati Herdiat dengan antusias.

Sesampainya di halaman Pendopo, Herdiat-Yana disambut dengan upacara penyambutan, sebelumnya keduanya disambut dengan pembacaan solawat, juga ditampilkan kesenian ginjring ronyok.

Pada upacara penyambutannya, Bupati Herdiat menyampaikan sambutan. Ia menyampaikan rasa terima kasih pada para simpatisan, relawan, juga warga Ciamis. Menurutnya, tanpa perjuangan dari pihak-pihak yang mendukungnya selama ini, Herdiat-Yana tidak akan terpilih untuk memimpin Kabupaten Ciamis.

“Kemenangan Herdiat-Yana merupakan kemenangan warga Ciamis. Hari ini perjuangan kita baru dimulai. 5 tahun ke depan kita akan berjuang bersama-sama, kita tata dan bangun Ciamis lebih baik dan maju, agar masyarakatnya lebih sejahtera,” ucap Herdiat dalam sambutannya.

Herdiat juga menyampaikan pesan dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menurutnya, seluruh jajaran ASN (Aparatur Sipil Negara) tidak untuk dilayani, melainkan untuk melayani masyarakat Tatar Galuh Ciamis.  

Baca Juga: Bupati Ciamis Akan Realisasikan Pesan Gubernur

Pada pelantikan Bupati Ciamis dan Walikota Bogor, Gubernur Jawa Barat, M. Ridwan Kamil berpesan, agar Bupati yang baru dilantik mampu menjaga integritas sebagai benteng moral terbaik, menjaga keteladanan, dan menciptakan sistem pelayanan masyarakat.

“Ciptakan sistem pelayanan masyarakat, kepada ASN berikan pelayanan yang baik, harus rajin turun tangan, bukan tunjuk tangan,” katanya.

Hal tersebut disambut baik oleh Bupati terpilih,Herdiat Sunarya. Menurut dia, tidak ada istilah mengenai 100 hari kerja. Dirinya akan terus bekerja untuk masyarakat tatar Galuh dari segi pembagunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Kami akan memprioritaskan 3 point penting yang diucapkan Gubernur Jabar. Yakni integritas, pelayanan masyarakat dan penggunaan teknologi dalam pembangunan daerah,” pungkasnya. (Ndu/R7/HR-Online)

KOMENTAR ANDA