Punya Penyakit Maag Aman Minum Kopi, Asalkan…

Ilustrasi. Foto net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Bagi yang mempunyai riwayat penyakit maag sebenarnya tidak disarankan untuk minum kopi. Hal itu disebabkan karena di dalam kopi terkandung kafein yang dapat memproduksi asam lambung dalam jumlah yang banyak.

Selain itu, kafein yang dalam jumlah banyak bisa membuat iritasi pada dinding lambung, sehingga penyakit maag mudah untuk kambuh kembali.

Tapi, bagaimana jika yang sudah terlanjur ‘maniak’ kopi? Apakah ada tips minum kopi yang aman bagi yang punya maag?.  

Memang tidak gampang untuk menahan keinginan terlebih Anda yang begitu pecinta kopi meski memiliki maag. Satu gelas dalam sehari sebagai pengobat kerinduan akan kopi sebenarnya tak menjadi masalah, namun perlu diingat beberapa hal berikut ini.

1. Hindari minum kopi yang asam

Kopi memiliki berbagai macam rasa, dan itu tergantung bagaimana cara mengolahnya. Untuk Anda yang mempunyai maag sebaiknya hindari kopi yang ada rasa asamnya dan sedikit kafein.

Untuk kopi yang asam dan kafeinnya tinggi biasanya bijinya dipangga terlalu lama, dan warnanya semakin hitam.

Sedangkan bagi yang memiliki penyakit lambung, ada kopi Arabika dengan rasa yang tidak terlalu manis namun lembut dan sedikit asam serta kafein.

Kopi Arabika ini mengandung kafein cuma 1,2 persen dan lebih rendah dari kopi robusta dengan kandungan kafein 2,2%.

Cara pengolahan biji kopi Arabika bisa dilakukan dengan teknik cold brew. Proses atau teknik tersebut bisa menjadikan konsentrat kopi menjadi pekat, namun dari rasa lebih manis serta kafeinnya rendah dan rasa asamnya snagat rendah.

Namun, apabila suka akan kopi yang panas, alternatifnya adalah dengan cara pengolahan dark roast serta fermentasi.

2. Menambahkan sedikit susu

Susu yang paling baik untuk penderita penyakti maag adalah yang rendah lemaknya. Sebelum mencampurkan kopi dengan susu, perlu diingat apakah Anda mempunyai riwayat terhadap alergi susu khususnya susu sapi.

Dan hindari susu murni karena banyak protein yang bisa berhubungan dengan beberapa senyawa di dalam kopi, sehingga menjadikan asam lambung naik ke kerongkongan.

3. Membatasi porsi kopi

Sebagai ‘maniak’ kopi tentu dalam satu hari tidak cukup satu atau dua gelas saja. Nah, karena Anda mempunyai penyakit maag sebaiknya batasi dulu minuman kopinya.

Dianjurkan, dalam satu hari cukup satu gelas/cangkir. Apabila melebihi porsi tersebut, maka khawatirnya asam lambung meningkat dan membuat kambuh kembali maagnya.

Namun alangkah baiknya, sebelum minum kopi konsultasikan terlebih dulu dengan dokter. Apakah kopi aman untuk dikonsumsi supaya penyakit maag tidak kambuh. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...