Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Ilustrasi penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya. Foto : shutterstock

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Penyebab rambut rontok bisa diakibatkan karena faktor kesehatan, stres atau lainnya. Dan rambut rontok juga bisa dialami siapa saja baik pria maupun wanita.

Namun wanita adalah yang paling banyak mengalami rambut rontok, terlebih jika tidak dirawat dengan baik. Semakin panjang rambut kemungkinan rontok pun makin tinggi. Dan itu menjadi kekhawatiran buat para wanita.

Terlebih bagi wanita rambut adalah mahkota yang paling berharga. Sehingga pengaruhnya bisa langsung menurunkan rasa percaya diri.

Sebelum mencegah dan mengatasi rambut yang rontok sebaiknya diketahui terlebih dulu penyebabnya. Nah, merangkum dari berbagai sumber, berikut ini penyebab rambut rontok.

1. Kurangnya zat besi

Salah satu penyebab rambut rontok yaitu terjadinya gangguan di sel darah merah yang disebabkan karena kurangnya zat besi dalam tubuh. Sehingga menghambat suplay nutrisi serta oksigen yang diperlukan tubuh termasuk rambut.

Dengan terganggunya pasokan nutrisi serta oksigen bisa mengakibatkan rambut menjadi gampang rapuh sehingga mudah rontok.

Sedangkan cara mengatasinya adalah dengan memakan makanan yang di dalamnya terkandung zat besi, bisa sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan, kuning telur, atau daging merah.  

2. Merawat rambut yang salah

Biasanya para wanita mempunyai peralatan khusus untuk rambut seperti hair dryer dan catokan. Tapi ternyata alat penata rambut tersebut mempunyai efek buruk untuk kesehatan rambut.    

Hair dryer dan catokan mengeluarkan panas yang bisa membuat folikel rambut menjadi lemah, rapuh serta merusak rambut.

Selain itu, mewarnai rambut yang bersumber dari bahan kimia juga bisa menyebabkan rambut menjadi rontok. Dan yang laing sering dilakukan para kaum hawa yaitu mengikat rambut di lokasi yang sama, pun bisa membuat rambut mudah rontok.

3. Masalah kesehatan

Masalah kesehatan seperti infeksi jamur dan psoriasis di kulit kepala serta ketombe bisa menimbulkan rasa gatal yang luar biasa. Selain rasa gatal, masalah kesehatan yang disebutkan itu juga bisa membikin rambut cepat rontok dari biasanya.

4. Efek samping dari obat

Penyebab rambut rontok juga bisa bersumber dari efek samping penggunaan obat. Lantas obat apa saja yang bisa membuat rambut mudah rontok? Obat tersebut diantaranya obat asam urat, darah tinggi, jantung, depresi, kanker serta arthritis.

5. Stres

Saat melanda Anda, maka otot syaraf di kepala ikut menegang, serta memacu siklus pertumbuhan rambut, jadinya rambut bakal mudah rontok atau lepas sebelum waktunya.

Setelah mengetahui penyebab rambut rontok di atas, Anda bisa mengatasinya dnegan benar.

Cara terbaik mengatasi masalah rambut rontok yaitu dengan creambath atau mencuci kulit kepala dengan teratur, namun jangan sampai berlebihan. Karena, perlu pula diperhatikan intensitas keramas pada jenis rambut serta tingkat aktivitas yang Anda lakukan.

Kalau rambut terbelah saat basah atau sudah terasa lepek berarti Anda terlalu sering mencuci rambut. Jadi, kurangi penataan rambut dengan panas, penggunaan catokan, atau pengeriting rambut bersuhu panas.

Anda juga jangan terlalu sering mewarnai rambut. Selain itu, perhatikan pula perlengkapan tidur seperti bantal. Untuk mengurangi pengelupasan kulit kepala saat tidur, gunakan bantal yang lembut dengan sarung bantal berbahan satin atau bahan lembut lainnya.

Atau bisa juga dengan cara yang sederhana lainnya, yakni menggunakan bahan rumahan. Salah satu bahan rumahan yang ampuh untuk mengatasi kerontokan rambut adalah odol.

Dikutip dari Boldsky, pasta gigi dapat diandalkan untuk mengatasi kerontokan serta merangsang pertumbuhan rambut. Kandungan bahan alami dalam odol seperti tepung, lemon, mint dan garam ternyata bisa dipakai sebagai masker guna membantu mengatasi rambut rontok.

Itulah cara untuk mengatasi penyebab rambut rontok dengan menggunakan bahan rumahan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!. (Adi/R5/HR-Online) 

KOMENTAR ANDA