Peringatan Hari Kartini, PKK Pangandaran Ajak Perempuan Bangkit

Kelompok Dharma Wanita Disdikpora Pangandaran. Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Kelompok Dharma Wanita Disdikpora Pangandaran menggelar berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kartini, salah satu lomba lomba kebaya dan menyanyikan lagu RA Kartini.

Hj Diana Surman, Ketua Dharma Wanita Disdikpora Pangandaran, mengatakan, kaum perempuan mesti bangga dengan perjuangan RA Kartini yang telah memperjuangkan harkat dan martabat wanita, sehingga perannya bisa sejajar dengan kaum laki-laki.

“Melalui lomba ini diharapkan menjadi bagian dari mempertegas identitas kebangsaan dan memotivasi kaum wanita di lingkungan kita untuk senantiasa memberikan kontribusi terhadap pembangunan daerah,” jelasnya di sela-sela kegiatan yang berlangsung di gedung PGRI Kalipucang, Senin (22/04/2019).

Di lokasi yang sama, Ketua Tim Penggerak PKK, Hj Ida Nurlela, mengatakan, pihaknya mengapresiasi organisasi keperempuanan di lingkungan dinas pendidikan tersebut yang mana masih peduli terhadap masalah keperempuanan. Ia berharap perempuan terus aktif dalam berbagai kegiatan di Pangandaran, terutama dalam pembangunan untuk lebih baik ke depannya.

“Tempo dulu RA Kartini berjuang melawan kaum kolonial dengan caranya sendiri, yakni melaui pendidikan. Nah perempuan sekarang juga harus bisa begitu, memiliki peran aktif dalam membangun wajah negeri ini. Meski kita bisa sejajar dengan laki-laki, tapi perlu diingat bahwa kodrat kita tidak bisa disamakan dengan laki-laki,” tegas Ida.

Untuk itu, lanjut Ida, para perempuan saat ini bisa memanfaatkan berbagai program yang digulirkan pemerintah, seperti halnya program Sakopercinta, yakni sekolah perempuan untuk mengapai cita cita.

“Program tersebut bertujuan untuk menekan angka kekerasan terhadap kaum perempuan. Di pangandaran sendiri saat ini program Sakopercinta sedang kita galakan kepada lapisan masyarakat, terutama ibu-ibu,” pungkasnya. (Entang/Koran HR)