Perlu Diwaspadai! 4 Kebiasaan Ini Bisa Menjadi Penyebab Vertigo

Perlu Diwaspadai! 4 Kebiasaan Ini Bisa Menjadi Penyebab Vertigo. Photo : Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Vertigo merupakan kumpulan gejala yang bisa terjadi secara tiba-tiba selama jangka waktu tertentu dalam satu waktu. Penyebab vertigo sebenarnya tergantung pada jenis vertigo yang dialami.

Namun, ada beberapa kebiasaan yang menjadi faktor penyebab vertigo pada seseorang, dan gejala umum yang dialaminya adalah kepala terasa pusing, seolah lingkungan di sekitarnya berputar atau melayang. Kondisi ini membuat penderitanya kehilangan keseimbangan.

Gejala tersebut dapat memicu pengidapnya mengeluarkan keringat berlebih, mual, muntah, sakit kepala, nistagmus atau gerakan mata yang tidak normal, sensasi merasa akan terjatuh, dan telinga berdengung atau tinnitus. Biasanya gejala seperti itu akan hilang muncul, tapi bisa juga berlangsung dalam waktu beberapa menit, jam, atau bahkan hari.

Dirangkum dari laman Halodoc, Minggu (07/04/2019, berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat menjadi faktor pemicu seseorang mengalami vertigo;

Merokok

Merokok bisa membawa dampak buruk bagi tubuh, sekaligus memicu munculnya berbagai penyakit serius. Salah satunya adalah kepala terasa pusing yang sangat hebat dan kemudian diasumsikan sebagai vertigo.

Hal itu terjadi karena saat seseorang sudah kecanduan rokok, maka tekanan darah pun akan terganggu. Pasalnya, ketika candu rokok tidak dapat terealisasikan, orang tersebut biasanya akan mengalami berbagai keluhan.

Konsumsi Minuman Beralkohol

Sama halnya seperti merokok, kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol juga tidak baik bagi kesehatan tubuh. Apalagi kalau membuat peminumnya sampai kecanduan. Karena, seseorang yang sudah kecanduan alkohol biasanya akan punya hasrat kuat untuk selalu mengonsumsinya.

Sehingga, jika hasratnya itu tidak bisa terpenuhi maka orang tersebut akan mengalami reaksi tekanan darah dan imbasnya bakal merasakan pusing yang luar biasa, mirip dengan gejala yang dialami penderita vertigo.

Langsung Bangkit saat Bangun Tidur

Walaupun terdengarnya sepele, namun kebiasaan langsung bangkit berdiri ketika bangun tidur dapat menjadi pemicu terjadinya vertigo. Karena, posisi tidur merupakan posisi ketika seluruh tubuh terasa relaks.

Bila badan digerakkan secara mendadak tentunya akan terjadi kekakuan pada otot tangan dan kaki, yang kemudian memengaruhi aliran darah menuju otak. Akibatnya kepala akan terasa pusing berputar-putar.

Jadi, saat bangun tidur biasakan untuk melakukan sedikit peregangan tubuh. Hal ini untuk melemaskan seluruh otot-otot di dalam tubuh kita.

Sering Berada di Ketinggian

Dalam posisi tertentu tubuh manusia akan merasakan kalau sistem keseimbangannya terganggu. Misalnya ketika berada di ketinggian yang kadar oksigennya rendah. Dengan kondisi tersebut, maka pasokan oksigen ke otak pun akan berkurang yang imbasnya pada keseimbangan tubuh. Sehingga, mereka yang berada di tempat tinggi terkadang merasa pusing, seolah kepalanya terasa berputar-putar seperti akan jatuh. (Eva/R3/HR-Online)

Aegis Boost Pro