Polwan Berkebaya di Ciamis Layani Perpanjangan SIM

Polwan berkebaya di Ciamis
Dalam rangka peringatan Hari Kartini, Polwan di Ciamis mengenakan kebaya dan berkerudung ketika bertugas, Jum'at (26/4/2019).

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Sejumlah Polwan berkebaya di Ciamis terlihat sedang melayani para pemohon perpanjangan SIM di layanan mobil SIM keliling dan Samsat Keliling, Alun-alun Ciamis pada Jum’at siang (26/4/2019).

Rupanya, para Polwan yang berasal dari Satlantas Polres Ciamis ini sengaja bertugas dengan mengenakan kebaya dan berkerudung dalam rangka peringatan Hari Kartini. Seperti diungkapkan oleh Kasat Lantas Polres Ciamis, Akp M. Bima Gunawan, Walaupun Hari Kartini jatuh pada 21 April lalu, namun, menurutnya semangat Kartini selalu ada setiap harinya.

“Dalam rangka Hari Kartini, memang tidak pas tanggal 21 April. Karena kemarin kami fokusnya ke Pemilu, sehingga baru bisa dilaksanakan sekarang,” kata Kasat Lantas Polres Ciamis, AKP M. Bima Gunawan.

Polwan yang mengenakan kebaya sebagai identitas nasional tersebut, menurut Bima, membuat suasana pelayanan SIM keliling jauh berbeda dengan hari-hari biasa.

“Untuk memperlihatkan peran seorang perempuan yang juga bisa melakukan kegiatan Polisi laki-laki. Salah satunya dengan melayani masyarakat di mobil SIM keliling. Tentunya memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat,” ujar Bima.

Selain melayani permohonan perpanjangan SIM, Polwan berkebaya di Ciamis ini juga memberikan imbauan tentang keselamatan berlalu lintas. Salah satunya dengan memperpanjang Surat Izin Mengemudi sebelum masa berlaku habis. Selain SIM, para pengguna jalan juga hendaknya melengkapi surat-surat saat berkendara lainnya.

Menurut Bima, dalam rangka Hari Kartini, para Polwan dari Polres Ciamis juga akan berkunjung ke sekolah-sekolah, tentunya sambil mengenakan kebaya pada 28 April dan 29 April 2019.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka program Goes to School, yang salah satu agendanya adalah memberikan sosialisasi terkait keselamatan dalam berkendara. (Her2/R7/HR-Online)