Prediksi Raihan Kursi Parpol di DPRD Kota Banjar Beredar di Medsos

Suasana rekapitulasi hasil pemungutan suara Pemilu serentak 2019 di PPK Langensari yang belum selesai hingga Selasa (23/04/2019). Photo: Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Rapat plenorekapitulasi penghitungan perolehan suara calon legislatif DPRD Kota Banjar pada Pemilu serentak 2019 ini belum selesai. Hingga Selasa (23/04/2019), rekapitulasi masih berlangsung di tingkat kecamatan, sebelum nantinya akan dibawa ke tingkat kota.

Meski demikian, namun saat ini sudah banyak beredar perkiraan atau prediksi raihan kursi sementara partai politik (parpol) di DPRD Kota Banjar. Prediksi tersebut menyebar di media sosial, dari mulai Facebook hingga WhatsApp group.

Dalam informasi yang beredar itu menunjukkan raihan kursi per-dapil (daerah pemilihan), lengkap dengan nama caleg yang diprediksi bakal duduk di kursi parlemen. Berdasarkan informasi tersebut, kuota 30 kursi itu terbagi untuk dapil 1 Banjar-Purwaharja 12 kursi masing-masing diraih oleh Partai Golkar 3 kursi, yaitu Dadang Kalyubi, H. Sudarsono, dan Edi Susanto.

Kemudian, dari PDIP 2 kursi, yaitu Hasyim dan Saptono. Partai Gerindra 2 kursi, Herdiana Pamungkas dan Rudi. PKS 1 kursi, yakni Cecep Dani Sopian, PKB 1 kursi, H. An-nur, PAN 1 kursi, yakni Bambang Suprayogi, Partai Hanura 1 kursi, Iwa Kartiwa, dan Partai Demokrat 1 kursi, yakni Erna.

Selanjutnya, untuk dapil 2 Kecamatan Pataruman 9 kursi terdiri dari Partai Golkar meraih 2 kursi, yaitu Ade Komara dan Ajat Sudrajat, PDIP 2 kursi, yaitu Ating dan Dalijo, Partai Gerindra 1 kursi, Jojo Juarno, PKS 1 kursi, H. Dian Sardiana, PKB 1 kursi, Sopian, PAN 1 suara, H. Husin, dan Partai Nasdem 1 kursi, Eson Ambarita.

Di dapil 3 Kecamatan Langensari, Partai Golkar meraih 2 kursi, yaitu Sutopo dan Hartono, PDIP 1 kursi, Rudianto, Partai Gerindra 1 kursi, Sutarno, PKS 1 kursi, Supriadi, PKB 1 kursi, Gungun Mujawad, PAN 1 kursi, Hunes, Partai Hanura 1 kursi, Hendrik, dan PPP 1 kursi, yakni Mujamil.

Melihat prediksi tersebut, Fraksi Partai Golkar menempatkan 7 wakil di DPRD Kota Banjar, Fraksi PDIP 5 kursi, Fraksi Partai Gerindra 4 kursi, Fraksi PKS 3 kursi, Fraksi PKB 3 kursi, Fraksi PAN 3 kursi, Fraksi Partai Hanura 2 kursi, Fraksi PPP 1 kursi, Partai Demokrat 1 kursi, dan Partai Nasdem 1 kursi.

Menanggai munculnya prediksi tersebut, Ketua KPU Kota Banjar, Dani Danial Mukhlis, menegaskan, apapun prediksi yang berkembang saat ini, namun tetap hasil final harus menunggu rekapitulasi dari KPU.

“Ya, prediksi boleh saja, tapi tetap hasil final adalah rekapitulasi KPU, walaupun parpol telah miliki data hasil rekapitulasi internal dari para saksinya,” tandas Danial, saat dikonfirmasi Koran HR, usai membuka rapat pleno rekapitulasi di PPK Langensari, Sabtu (20/04/2019).

Dengan demikian, pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membenarkan dulu prediski tersebut, dan lebih baik tunggu rekapitulasi resmi dari KPU untuk dijadikan rujukan. (Nanks/Koran HR)