Rekapitulasi Suara Pemilu Tingkat Kecamatan di Kota Banjar Mulai Hari Ini

Rapat pleno terbuka rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat Kecamatan Langensari, Kota Banjar, digelar hari ini, Sabtu (20/04/2019). Foto : Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Rapat pleno terbuka rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat kecamatan di Kota Banjar, digelar secara serentak mulai hari ini, Sabtu (20/04/2019).

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kota Banjar melakukan rekap perolehan suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota. Pelaksanaannya akan berlangsung atau dibatasi hingga 4 Mei 2019 mendatang.

Pantauan HR Online, proses penghitungan suara di PPK Langensari yang berlangsung di Aula Desa Langensari, dijaga pengawalan ketat sejumlah personel kepolisian bersenjata lengkap.

Rapat pleno terbuka rekapitulasi suara Pemilu 2019 di PPK Langensari itu dibuka langsung oleh Ketua KPU Kota Banjar, Dani Danial Mukhlis. Hadir Panwascam, para Ketua PPS, Ketua KPPS dan para saksi kontenstan peserta pemilu. Juga Camat Langensari, Asno Sutarno, Kapolsek Langensari, AKP. Aah Hermawan, Danramil Langensari.

Ketua KPU Kota Banjar kepada HR Online mengatakan, rekapitulasi suara pemilu 2019 di Kota Banjar ini serentak mulai hari ini di masing-masing kecamatan.

“Rekapitulasi suara di tingkat PPK ini panjang waktunya hingga 4 Mei mendatang. Namun jika bisa dibuat efektif, silahkan itu diperbolehkan asal penghitungan prosesnya sesuai prosedur atau tak lepas dari pijakan ditentukan serta berprinsip kebenaran,” katanya.

Danial menambahkan, untuk rekapitulasi di tingkat kota akan berlangsung sampai 12 Mei mendatang. Dirinya berharap semoga segala sesuatunya hingga penghitungan di tingkat kota berjalan lancar atau terjaga kondusifitas, terlebih pihaknya dibantu dukungan pengamanan aparat kepolisian dan TNI.

“Silahkan manfaatkan rapat pleno ini dengan baik dan menjadi ajang koreksi bilamana ada hasil keganjilan,” tukasnya.

Lebih lanjut, Danial menyatakan, pihaknya bersama panitia tingkat kecamatan dan desa/kelurahan serta tingkatan KPPS, bahwa dalam menunaikan tugas ini dari awal tahapan hingga penetapan hasil suara pada waktunya nanti, tentu terus mengedepankan spirit bangun profesionalitas, netralitas, transparansi.

“Pada rekan panitia, jangan takut dan jangan ada keraguan dalam menjalankan tugas kepemiluan ini, sebatas kita memegang kunci aturan. Tak sedikit pun kita diniatkan atau berpikir untuk curang, prinsipnya kami terbuka, dan bangun sprit tadi demi menjunjung dan menjaga integritas,” tegasnya.

Sementara Ketua PPK Langensari, Eman Sulaeman menyebutkan, pihaknya merencanakan rekapitulasi suara Pemilu ini bisa selesai dalam enam hari ke depan.

“Setiap hari kita pleno untuk satu desa/kelurahan. Tapi kalau lancar bisa saja dua desa atau kelurahan,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, 1.015 kotak suara yang akan di plenokan dari 203 TPS desa/kel di wilayah Kecamatan Langensari ini, sudah berada tersimpan di aula Desa Langensari sejak Kamis, 18 April 2019 kemarin.

Adapun rekapitulasi suara Pemilu hingga pukul 13.00 WIB ini belum menyelesaikan pleno satu desa/kelurahan, atau masih berjalan pleno untuk Kelurahan Muktisari. (Nanks/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA