Minggu, Oktober 2, 2022
BerandaBerita PangandaranSambut Ramadhan, Tradisi Munggahan di Pangandaran Berlangsung Meriah

Sambut Ramadhan, Tradisi Munggahan di Pangandaran Berlangsung Meriah

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Menghadapi bulan suci ramadhan, masyarakat di Indonesia memiliki cara tersendiri untuk menyambutnya, salah satunya di Desa Margacinta, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran menyambutnya dengan Tradisi Munggahan melalui festival Ngaliwet.

Dalam kegiatan yang digelar pada Minggu (28/04/2019) di Taman Sagati Desa Margacinta tersebut, warga dalam satu desa tersebut mengikuti tradisi yang hampir setiap tahun digelar. Tak hanya dari kalangan dewasa, para pelajar juga bisa turut andil dalam kegiatan menanak nasi khas Sunda ini.

Asep Kartiwa, salah satu panitia, mengatakan, dalam festival Ngaliwet tersebut pihaknya sengaja melombakan agar lebih meriah lagi. Meski mengusung tema bebas  dengan catatan yang penting khas Pangandaran, pihaknya akan menilai peserta dari sisi penampilan yang bagus dan rasanya yang enak.

“Tentu saja yang paling bagus dan enak adalah pemenangnya. Tradisi ini sudah rutin digelar tiap tahunnya,” kata Asep di sela-sela kegiatan.

Sementara itu, Kepala Desa Margacinta, Edi, mengatakan, tradisi munggahan di desa tersebut juga diramaikan dengan adanya kesenian khas desanya, yakni Seni Badud, Seni Beluk, Balap Perahu, Ngecak Balong dan lainnya.

“Semua warga di sini boleh ikutan kegiatan yang digelar tanpa dipungut biaya. Jadi ini murni untuk menghibur masyarakat dalam rangka menyambut bulan ramadhan,” pungkasnya. (Entang/R6/HR-Online)