Soal Ujian Nasional Tingkat SD Tertukar di Pangandaran

ujian nasional tingkat SD
Para siswa sedang mengikuti ujian nasional tingkat SD di Kecamatan Padaherang, Kabutapen Pangandaran, Senin (22/4/2019).

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),–  Hari pertama ujian nasional tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Pangandarandiwarnai dengan insiden soal ujian yang tertukar, Senin (22/4/2019).

Soal ujian yang tertukar tersebut terjadi di SD 3 Maruyung Sari, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

“Seharusnya di amplop yang siap dibagikan untuk siswa peserta ujian tersebut, berisikan soal Bahasa Indonesia, namun yang ada di dalam amplop isinya malah mata pelajaran IPA,” ujar Endang Mulyono, kepala UPTD Pendidikan Korwil Padaherang, Kabupaten Pangandaran pada HR Online, Senin (22/4/2019).

Tertukarnya soal ujian tersebut diketahui pertama kali pada pukul 08.00 WIB. Menurut Endang, pihak sekolah langsung melakukan komunikasi dengan Kantor Korwil Disdikpora Handapherang.

“Akhirnya pihak sekolah menukarkannya ke kantor Korwil untuk diganti,” kata Endang.

Kejadian tersebut, kata Endang, sempat menghambat proses ujian nasional, pasalnya, durasi waktu pengerjaan soal oleh para siswa tersita setengah jam, karena jarak antara sekolah SD 3 Maruyung Sari dengan Kantor Korwil Padaherang lumayan jauh.

Ujian nasional tingkat SD tersebut memang digelar secara serentak mulai hari ini, Senin (22/4/2019) di seluruh Indonesia, salah satunya ujian nasional SD di wilayah Kabupaten Pangandaran, Korwil Padaherang.

“Sedikitnya ada 43 sekolah yang mengelar ujian nasional dengan jumlah 944 siswa hadir semua mengikuti ujian sekolah,” ujar Endang Mulyono.

Selain insiden soal yang tertukar di SD 3 Maruyung Sari tersebut, secara keseluruhan pelaksanaan ujian nasional tingkat SD di wilayah korwil Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran berjalan lancar.

“Tidak ada kendala lain, kecuali satu itu tertukar soal Bahasa Indonesia dengan soal IPA di SD 3 Maruyung Sari,” pungkas Endang. (Entang/R7/HR-Online)

KOMENTAR ANDA