Selasa, Mei 24, 2022
BerandaBerita CiamisTebing di Pamarican Ciamis Longsor

Tebing di Pamarican Ciamis Longsor

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Tebing di Pamarican, tepatnya tebing setinggi 10 meter di Dusun Bangunjaya, Desa Sukajaya, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, longsor, Kamis malam (04/04/2019).

Kapolsek Pamarican, AKP. Subagja, didampingi Kanit Intelkam AIPDA Khotim, ketika ditemui HR Online, Jum`at (05/04/2019), menuturkan, longsor tersebut terjadi di saat hujan deras mengguyur wilayah tesebut.

“Wilayah Pamarican semalaman diguyur hujan yang sangat deras. Hal itulah yang membuat tebing ini longsor. Tapi alhamdulillah, kejadian ini tidak memakan korban,” kata Khotim. 

Khotim mengungkapkan kronologi terjadinya longsor di wilayah tersebut. Menurut dia, Kamis malam sekira pukul 21.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB hujan deras mengguyur wilayah Pamarican.

Kondisi tersebut mengakibatkan bencana longsor di Blok Gunung Putri, Dusun Bangunjaya, RT 18 RW 05, Desa Sukajaya, Kecamatan Pamarican. Tinggi tebing yang longsor mencapai sekitar 10 meter dengan panjang sekitar 20 meter.

“Lokasi longsor ini merupakan tebing jalan yang dibawahnya terdapat saluran Irigasi Gunung Putri 1,” katanya.

Menurut Khotim, material longsoran masuk dan menutupi jalan dan saluran irigasi. Kondisi itu juga mengakibatkan terganggunya akses transportasi dan pasokan air yang mengairi sawah warga.

“Kondisi ini pun mengganggu dan membahayakan pengguna jalur Pamarican-Banjar,” katanya.

Untuk mengantisipasi gangguan di jalan, kata Khotim, pihaknya sudah memasang rambu bahaya longsor di sekitar lokasi. Pihaknya juga berkordinasi langsung dengan UPTD Binamarga dan PSDA Tasikmalaya. (Suherman/R4/HR-Online)

- Advertisment -