Tebing Jalan di Desa Rawa Ciamis Ambruk

Tebing jalan kabupaten yang berada di Dusun Parungsari, tepatnya di Blok RT 27 RW 11, Desa Rawa, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, ambruk. Foto : Eji Darsono/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Tebing jalan kabupaten yang berada di Dusun Parungsari, tepatnya di Blok RT 27 RW 11, Desa Rawa, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, ambruk. Bila tidak secepatnya ditangani, warga khawatir ambruknya tebing jalan akan meluas dan bertambah parah.

Endang Maksum, warga sekitar, ketika ditemui Koran HR, Selasa (23/04/2019), mengatakan, sisa-sisa reruntuhan puing tersebut masih berserakan di sekitar sawah warga. Meski tidak tahu persis kapan tebing tersebut ambruk, dia memastikan ambruknya tebing jalan saat hujan deras terjadi.

Dede Anas Nasrudin, warga lainnya, mengatakan, ambruknya tebing jalan milik Pemerintah Kabupaten yang berada di Dusun Parungsari mengakibatkan trotoar jalan nyaris terkikis habis.

“Dan material tanah longsoran tebing menimbun lahan pertanian warga,” katanya.

Dadan Sobarnas, warga setempat, mengungkapkan, lokasi ambruknya tebing jalan akan meluas dan bertambah parah kalau tidak secepatnya ditangani.

“Terlebih kalau hujan deras terus terjadi,” ucapnya.

Menurut Dadan, ambruknya tebing jalan selain disebabkan intensitas hujan saat terjadi sangat tinggi, juga disebabkan banyaknya kendaraan bermuatan berat yang melintas.

Di tempat terpisah, Kasi Pemerintahan Desa Rawa, Kurniawan, ketika ditemui Koran HR di ruang kerjanya, membenarkan ambruknya tebing jalan di akses jalan kabupaten. Menurut dia, tebing tersebut memiliki ketinggian hampir 6 meter dan panjang kurang lebih 15 meter.

Untuk mengantisipasi agar tidak meluas dan bertambah parah, kata Kurniawan, warga setempat telah menutup bagian trotoar dengan tanah. Karena dapat dipastikan tidak akan kuat bertahan lama, maka diharapkan agar Pemerintah Kabupaten dapat sesegera mungkin meluncurkan bantuan untuk pembuatan Tembok Penahan Tebing (TPT).

“Kalaupun tidak dibuatkan TPT, setidaknya di bagian tebing jalan yang ambruk dipasang bronjong,” katanya. (Dji/Koran HR)