Tidak Hanya Orang Tua, Generasi Muda Juga Mudah Terserang Penyakit Ini

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Penyakit bisa menyerang siapa saja dan tidak memandang usia. Memang, tidak sedikit yang berpendapat kalau orang yang usianya tidak muda rentan terkena penyakit, namun jangan salah generasi muda juga bisa terkena.

Hal itu bisa disebabkan karena efek buruk dari kemajuan teknologi. Sebagai contoh, generasi muda saat ini setiap harinya sibuk dengan bermain gadget, sehingga malas bergerak, ogah olahraga. Atau bisa juga karena gaya hidup yang berubah, seperti pola makan yang tidak sehat.

Dengan haya hidup seperti itu, tidak sedikit remaja yang dengan mudah terkena penyakit, yang umumnya menyerang orang tua. Mengutip dari IDNTimes, berikut ini penyakit tidak menular yang mudah menyerang generasi muda.

1. Anemia

Anemia diakibatkan karena kurang atau tidak berfungsinya sel darah merah di tubuh, sehingga suplai oksigen ke tubuh menjadi berkurang.

Namun orang jarang menyadari terkena anemia, karena gejalanya sangat umum seperti lemas atau lelah, sesak nafas, kulit pucat, detak jantung cepat serta sulit untuk konsentrasi.

Sementara penyebabnya bisa disebabkan kurang nutrisi, zat besi dan vitamin, kondisi tubuh tidak fit dan lainnya. Sedangkan cara mengatasi ketika sudah terlihat gejala tersebut, segera mengkonsumsi makanan yang banyak gizinya serta meminum suplemen penambah darah.

2. Kolesterol

Kebanyakan yang terkena penyakit kolesterol adalah orang tua, namun tidak menutup kemungkinan generasi muda juga bisa terserang dengan mudah.

Hal itu bisa disebabkan karena faktor genetik atau bisa juga pola makan yang tidak sehat, seperti fast food atau makanan cepat saji.

Mengapa kolesterol bisa membuat tubuh menjadi tidak sehat? Jika jumlah kolesterol di dalam tubuh sangat banyak, maka dapat mengakibatkan atau menghambatnya aliran darah di dalah tubuh.  

Apabila dibiarkan, maka kemungkinan besar bakal terkena penyakit stroke serta jantung.

Untuk gejalanya antara lain cepat lemas, sakit di dada, sakit kepala, dan beberapa bagian tubuh terasa mati rasa. Apabila mengalami gejala seperti itu, lebih baik segera cek kolesterol sebelum terlambat atau meningkat.

3. Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi banyak menyerang generasi muda karena pola makan yang tidak sehat, seperti mengkonsumsi makanan junk food (makanan rendah gizi) serta asin.

Bukan hanya itu, pola hidup yang tidak sehat diantara sering meminum obat dan merokok juga dapat memicu hipertensi.

Orang yang terkena hipertensi akan gampang kambuh ketika emosi, stres, atau cemas. Untuk gejalanya, lelah, pusing, sesak napas, telinga berdenging dan lainnya. Dan jika tidak lekas diatasi, maka bisa memicu penyakit lainnya.

4. Stroke

Apabila gejala penyakit di atas tidak segera diatasi, maka akan menyebabkan terserang stroke. Sementara penyebab lainnya dari stroke antara lain diabetes, obesitas, pola hidup yang buruk, atau karena faktor keturunan.

5 Jantung koroner

Selain kolesterol tinggi, generasi muda yang terkena penyakit jantung koroner bisa disebabkan karena seringnya merokok. (Adi/R5/HR-Online)