Tips Atasi Sakit Kepala Sebelah Tanpa Obat

Tips Atasi Sakit Kepala
Tips atasi sakit kepala sebelah tanpa obat. Foto: Ist/Net

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),Sakit kepala sebelah bisa menyerang siapa saja, namun penggunaan obat pereda sakit kepala jika terlalu sering justru bisa berbahaya, karena itu HR Online akan bagikan tips atasi sakit kepala sebelah tanpa obat.

Sakit kepala sebelah (migrain) merupakan penyakit yang umum dijumpai pada setiap orang. Awalnya sakit kepala sebelah terjadi pada bagian kepala sebelah hingga leher akibat tegangnya otot-otot di daerah kepala, pundak, leher hingga rahang. Sakit kepala jenis ini biasanya berlangsung sampai 30 menit bahkan beberapa jam. Jika tidak ditangani segera maka bisa berlangsung hingga beberapa hari.

Penggunaan obat anti sakit kepala sebelah, umumnya berbahaya bila dikonsumsi secara berkala, untuk itu sebelum mengatasi sakit kepala sebelah dengan obat yang banyak mengandung bahan kimia ini, maka sebaiknya Anda mengatasinya dengan cara-cara sederhana dan tentu saja tanpa obat.

Sebelum membahas tentang tips atasi sakit kepala sebelah tanpa obat, perlu diketahui juga mengenai penyebab sakit kepala sebelah ini. Sakit kepala sebelah terjadi salah satunya karena factor gaya hidup. Jika Anda sering mengonsumsi alcohol berlebihan, makan tidak teratur dan kurang tidur, bisa jadi penyebab Anda terserang sakit kepala sebelah.

Selain itu, makanan sehari-hari juga memicu terjadinya sakit kepala sebelah. Makanan pemicu sakit kepala sebelah tersebut umumnya adalah makanan yang mengandung pengawet atau pemanis buatan, daging olahan dan makanan asin.  

Ada juga yang berpendapat jika Anda stress maka rentan terserang sakit kepala sebelah. Stress ini menyebabkan tubuh meresponnya dengan ‘fight or flight”. Respon ini membuat otot tegang dan juga membuat sirkulasi darah turun. Kedua hal tersebut menyebabkan sakit kepala sebelah.

Selain menghindari penyebab timbulnya sakit kepala sebelah, ada kalanya penyakit ini datang tanpa bisa dicegah, karena itu Anda perlu mengetahui tips atasi sakit kepala sebelah tanpa obat.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips atasi sakit kepala tanpa obat:

Matikan Lampu Ruangan

Jika sebelumnya Anda berada di ruang penuh pencahayaan, mematikan lampu sejenak bisa mengatasi sakit kepala sebelah untuk sementara. Intinya Anda perlu beristirahat sejenak di ruang gelap. Anda bisa berbaring dan merebahkan diri sambil melakukan relaksasi di tempat yang nyaman dan terutama tenang tanpa kebisingan yang dapat memperburuk sakit kepala Anda.

Lanjutkan dengan Relaksasi

Setelah beristirahat di ruang gelap dan tenang, Anda bisa menenangkan diri dengan melemaskan bagian kepala serta pundah. Lanjutkan dengan bermeditasi jika Anda terbiasa bermeditasi. Pejamkan mata Anda, lalu ambil napas dalam-dalam. Ambil napas lewat hidung, hirup dalam-dalam sampai dua hitungan. Tahan napas dalam satu hitungan, lalu buang napas perlahan sampai empat hitungan. Lakukan cara ini hingga sakit kepala Anda berangsur-angsur hilang.

Kombinasi Kompres Panas dan Dingin

Tips atasi sakit kepala sebelah selanjutnya Anda bisa melakukan kompres panas dan kompres dingin. Kompreslah bagian kening dan belakang leher dengan lap hangat. Hal ini berguna untuk melancarkan peredaran darah dan mengendurkan otot yang kaku. Kemudian lanjutkan dengan mengompres kening dan belakang leher dengan kompres dingin. Anda bisa membalut es batu dengan kain untuk melakukan kompres dingin ini.

Efek dingin dari es akan mengecilkan pembuluh darah. Ketika pembuluh darah tesebut mengecil, maka tekanan terhadap saraf-saraf sensitif yang terdapat di kepala pun akan berkurang.

Pijat Bagian Kepala yang Sakit Pelan-pelan

Cara ini bisa Anda lakukan sendiri, gunakan jari telunjuk dan atau ibu jari Anda untuk menekan dan memijit pada area kepala yang sakit. Namun, jangan memijat terlalu keras, cukup dengan pijatan ringan yang terus menerus selama 7-15 detik, setelah 15 menit Anda bisa menghentikan pijatan, dan ulangi lagi kika masih terasa sakit hingga akhirnya rasa sakit kepala sebelah Anda berkurang.

Anda juga bisa meminta bantuan orang lain untuk memijit area kepala, leher, dan pundak yang biasanya terasa pegal dan berpengaruh terhadap sakit kepala yang Anda alamo. Mintalah teman atau saudara Anda untuk memijat dengan tekanan yang tidak berlebihan. Jika pijatan terlalu pelan maka tidak akan mampu mengendurkan otot-otot yang tegang, namun jika terlalu keras, justru akan menambah sakit kepala sebelah yang Anda derita.

Makan Makanan yang Manis

Sakit kepala sebelah juga bisa disebabkan karena turunnya kadar gula darah. Karena itu Anda bisa mengatasinya dengan makan camilan manis atau minum teh manis hangat. Selain itu, makanlah tepat waktu agar tidak timbul sakit kepala sebelah yang ditimbulkan karena turunnya gula darah. 

Lakukan Peregangan Sederhana

Sakit kepala sebelah yang Anda alami bisa jadi diakibatkan karena tegangnya otot-otot pada bagian pundak maupun leher. Ketegangan ini bisa karena Anda mengalami stress, kelelahan atau posisi duduk yang sama untuk waktu yang cukup lama.

Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan peregangan sederhana, misalnya dengan menekuk kepala Anda ke satu sisi kemudian memutarnya perlahan ke arah bawah hingga membentuk gerakan setengah lingkaran, lalu biarkan dagu Anda menyentuh dada. Anda bisa mengulanginya kembali ke sisi yang berlawanan.

Banyak Minum Air Putih

Tips atasi sakit kepala sebelah tanpa obat lainnya adalah Anda harus banyak minum air putih. Karena seringkali sakit kepala sebelah ini timbul karena kurangnya cairan dalam tubuh sehingga Anda mengalami dehidrasi. Jika Anda mengalami sakit kepala yang disertai dengan haus, mulut kering, rasa lelah berlebihan, dan Anda jarang buang air kecil Anda bisa mencoba untuk minum segelas air.

Matikan Gadget Anda

Apabila pekerjaan mengharuskan Anda menatap layar komputer ataupun layar handphone terus menerus, maka Anda bisa mengistirahatkan sejenak mata Anda dengan cara berjalan-jalan atau mengobrol dengan teman, sekitar 10 menit per jamnya.

Jangan lupa perhatikan juga posisi duduk Anda. Jika Anda harus menatap layar handphone, maka usahakan Anda berada dalam posisi yang pas. Dalam hal ini, Anda bisa duduk atau berdiri, tapi usahakan dengan posisi tegak, sehingga Anda tidak perlu membungkukkan leher untuk melihat layar handphone Anda.

Nah, itu dia tips atasi sakit kepala sebelah tanpa obat. Cara ini juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi sakit kepala pada umumnya. Namun, jika Anda merasakan sakit kepala terus menerus, Anda tentu saja perlu memeriksakan diri ke dokter, karena penyebab sakit kepala sebelah yang Anda derita bisa jadi akibat penyakit syaraf atau infeksi lainnya. (Ndu/R7/HR-Online)

KOMENTAR ANDA