Ulama Timur Tengah Dikabarkan Batal Kunjungi Ponpes Al Azhar Banjar

Screen shoot video pernyataan Syekh Al Afyouni, Mufti Agung asal Damaskus, Suriah, yang batal hadir ke Kota Banjar. Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Dua orang ulama yang juga seorang Mufti (ulama yang berwenang memberikan fatwa) asal Timur Tengah dikabarkan batal berkunjung ke Ponpes Al Azhar Banjar pada Kamis (11/04/2019) mendatang.

Dua ulama tersebut adalah Mufti Agung asal Damaskus, Suriah, Syeikh Al Afyouni, dan Mufti asal Lebanon, Syekh Riyadl Bazo. Kehadiran kedua ulama besar itu sebelumnya berencana akan menjadi pembicara dalam seminar untuk umum yang digelar di Ponpes Al Azhar pasca kegiatan World Sufi Forum yang digelar di Pekalongan.

Batalnya dua ulama besar asal Timur Tengah tersebut diketahui setelah Syeikh Al Afyouni melalui videonya menyatakan permohonan maaf kunjungannya diundur. Video yang berdurasi 2.35 menit ini dikirimkan ke salah satu pengasuh pesantren.

Dari pernyataan di dalam video tersebut, Syeikh Al Afyouni menyatakan, bahwa kegiatan di Pekalongan diperpanjang, dan kegiatan seminar bersama masyarakat Banjar diundur. Meski begitu, ia menyampaikan bakal datang ke pesantren tersebut secara khusus di lain waktu saat berkunjung ke Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, salah satu pengurus Ponpes Miftahul Huda Al Azhar, Basiturrizal, mengatakan, pihaknya baru mendapatkan informasi tersebut pada malam hari melalui video yang dikirimkan oleh Syeikh Al Afyouni.

“Tentu kehadiran beliau sangat kami nanti. Akan tetapi karena kegiatan di Pekalongan belum selesai dan beliau juga harus segera pulang ke Negaranya, atas konfirmasi tersebut tentu saja kami terima dengan lapang dada. Beliau juga menyatakan bakal hadir secara khusus di lain waktu ke pesantren kita untuk langsung bertatap muka dengan para ulama Kota Banjar serta keluarga besar pesantren Citangkolo,” jelasnya. (Muhafid/R6/HR-Online)

Loading...