Beragam Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan

Beragam Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan. Photo : Istimewa.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Dalam Al Qur’an, buah tin maupun buah zaitun sama-sama spesial. Tak perlu diragukan lagi beragam manfaat buah tin untuk kesehatan, kecantikan kulit, rambut, hingga kesuburan.

Buah tin juga mengandung antioksidan yang luar biasa hebatnya. Menurut penelitian yang dilakukan tahun 2005 menyebutkan, antioksidan yang terkandung dalam buah tin sangat ampuh untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Selain itu, manfaat buah tin untuk kesehatan lainnya adalah sebagai sumber vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K, kalium, magnesium, tembaga, seng, mangan, dan zat besi yang baik.

Pada awalnya buah tin atau buah ara termasuk salah satu jenis tanaman yang tumbuh di kawasan Asia Barat. Buah tin atau buah ara termasuk salah satu jenis tanaman yang pada awalnya tumbuh di kawasan Asia Barat, tersebar dari mulai Pantai Balkan hingga Afganistan.

Pohon buah tin atau nama lainnya Ficus carica L ini punya ciri-ciri cukup besar. Pohonnya bisa tumbuh sampai 10 meter. Bagian batang pohonnya berwarna abu-abu dan daunnya cukup besar dengan lekuk 3 atau 5 cuping.

Karena begitu besarnya manfaat buah tin untuk kesehatan, sehingga tak heran makanan kesukaan Rasulullah ini banyak diburu. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/05/2019), berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapat jika mengonsumsi buah tin.

Mengobati Penyakit Kulit

Pada beberapa pengobatan tradisional, buah tin digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, dan vitiligo.

Sampai saat ini memang belum ada penelitian secara ilmiah yang konklusif mengenai hal itu. Namun, berdasarkan bukti anekdotal dan penelitian awal sudah menunjukkan hasil yang menjanjikan.

Mengatasi Kejantanan dan Kesuburan

Buah tin bermanfaat untuk mengatasi kejantanan dan kesuburan. Selama berabad-abad buah ini diyakini sebagai obat kuat karena banyak mengandung vitamin dan meneral di dalamnya.

Meningkatkan Kecantikan Kulit

Manfaat buah tin selanjutnya yakni untuk meningkatkan kecantikan kulit dari dalam. Diketahui buah tin merupakan sumber vitamin, mineral, dan antioksidan yang sangat baik bagi kulit.

Nutrisi yang terkandung di dalamnya mampu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, membantu sirkulasi darah dan nutrisi yang membuat kulit akan selalu tampak cantik alami.

Menurunkan Tekanan Darah

Biasanya seseorang mengonsumsi natrium dalam bentuk garam, tapi kadar kalium yang rendah serta natrium yang tinggi bisa mengakibatkan tekanan darah meningkat atau hipertensi.

Buah tin mampu mengatasi masalah hipertensi karena di dalamnya mengandung banyak kalium namun rendah sodium. Hal inilah yang menjadikan buah tin sebagai bahan makanan berkhasiat untuk menenangkan saraf.

Memperkuat Akar Rambut

Selama brabad-abad buah tin dipercaya mampu memperkuat sekaligus melembapkan rambut, dan merangsang pertumbuhannya. Namun, penelitian ilmiah mengenai manfaat buah tin untuk rambut masih kurang.

Meski begitu, sejumlah bukti telah menunjukkan bahwa beberapa vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya mampu membantu menjaga rambut tetap sehat.

Hal itu karena kandungan tembaga, seng, magnesium, kalsium, vitamin B, vitamin C, dan selenium yang ada di dalam buah tin.

Memperkuat Tulang

Buah tin juga bermanfaat untuk kesehatan tulang. Menurut penelitian, buah tin kaya akan kalsium yang merupakan salah satu komponen terpenting untuk memperkuat tulang sekaligus mampu mengurangi risiko osteoporosis.

Selain itu, buah tersebut juga kaya akan fosfor yang dapat mendorong pembentukan tulang serta memacu regenerasi apabila ada degradasi atau kerusakan pada tulang.

Mencegah Kanker Perut dan Kulit

Universitas Calabria, Italia, mengungkapkan bahwa buah tin merupakan sumber senyawa bioaktif seperti fenol dan asam lemak. Kedua senyawa tersebut bisa membantu menurunkan risiko terkena kanker kulit.

Menurut sumber penelitian lainnya, buah tin kaya akan enzim proteolitik yang bisa membantu menghambat pertumbuhan kanker pada lambung.

Karena, kandungan serat buah tin bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk membantu mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker perut dan kanker usus besar.

Mengobati Kanker Kolon

Serat dalam buah tin mampu membantu merangsang penangkal radikal bebas serta zat penyebab jenis kanker lainnya, khususnya pada usus besar. Hal itu karena serat dapat meningkatkan gerak sehat usus.

Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Manfaat buah tin lainnya yaitu bisa mencegah penyakit jantung koroner, karena buah tin yang kering mengandung asam lemak omega-3, asam lemak omega -6, serta fenol. Kedua asam lemak tersebut bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.

Selain itu, daun tin juga mempunyai efek menghambat trigliserida yang merupakan salah satu faktor pemicu utama berbagai jenis penyakit jantung.

Melawan Diabetes

Sejumlah bukti ilmiah menunjukkan kalau ternyata daun semak tin juga bisa membantu mengatur gejela diabetes. Sebuah penelitian tahun 2016 yang melakukan percobaan pada tikus menunjukkan bahwa ekstrak dari daun pohon tin mampu  mengingkatkan sensitivitas insulin punya sifat anti diabetes lainnya.

Menurut penelitian yang dilakukan pada hewan di tahun 2003 menunjukkan bahwa, buah tin berkontribusi pada perawatan diabetes dengan menormalkan asam lemak darah, serta berkontribusi pada perawatan diabetes dengan menormalkan vitamin E.

Menjaga Berat Badan

Buah tin juga bermanfaat untuk menjaga berat badan. Serat dalam buah ini dapat membantu menurunkan berat badan, bahkan sering direkomendasikan bagi orang-orang yang memiliki tubuh gemuk.

Menurut penelitian yang dilakukan Dr. Joe Vinson dari The University of Scranton, buah-buahan kering, terutama buah tin merupakan sumber nutrisi yang unggul. Jumlah kalorinya yang tinggi bisa mengakibatkan penambahan berat badan, terlebih jika dikonsumsi dengan susu.

Sebagai Masker Wajah

Buah tin yang masih mentah bisa dimanfaatkan untuk membuat masker wajah yang kaya nutrisi dan kaya antioksidan. Caranya, Anda cukup menghancurkan buah tin, lalu aplikasikan ke wajah dengan gerakan melingkar.

Selanjutnya, tambahkan 1 sendok makan yogurt sebagai pelembab tambahan. Setelah itu, diamkan selama 10 sampai 15 menit lalu bilas secara merata dengan menggunakan air hangat. Perlu Anda ketahui, jangan gunakan buah tin sebagai masker bila kulit rawan alergi.

Mengobati Bronkitis

Daun pohon tin mengandung bahan kimia alami yang menjadikannya komponen yang ideal untuk teh. Teh daun tin sudah populer diresepkan untuk kondisi pernapasan seperti bronchitis, juga digunakan untuk mencegah serta mengurangi gejala asma.

Membantu Pengobatan Penyakit Kelamin

Buah tin bisa digunakan untuk membantu mengobati penyakit kelamin. Buah ini sudah digunakan di subkontinen India serta beberapa negara di belahan dunia lainnya sebagai salep untuk mengobati penyakit kelamin.

Sari buah tin dipercaya mampu menenangkan rasa tidak nyaman akibat penyakit kelamin. Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan.

Itulah beberapa manfaat buah tin untuk kesehatan secara menyeluruh, mulai dari kecantikan kulit, rambut, hingga kesuburan. (Eva/R3/HR-Online)