Ketahui Manfaat Serum Wajah Sebelum Menggunakannya

Ketahui Manfaat Serum Wajah Sebelum Menggunakannya. Photo : Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Serum wajah merupakan produk perawatan kulit yang kaya nutrisi. Manfaat serum wajah juga sangat beragam, dari mulai melembapkan kulit hingga membantu mengatasi munculnya kerutan.

Manfaat serum wajah ditentukan oleh bahan aktif yang terkandung di dalamnya. Jadi, penting buat kamu untuk cermat ketika memilih dan menggunakannya.

Karena sifatnya yang ringan dan mudah menyerap membuat serum wajah menjadi salah satu produk perawatan kecantikan yang banyak digemari.

Meski memiliki beragam keunggulan dibanding produk perawatan lain, namun kemungkinan menimbulkan iritasi pada kulit wajah tetap ada. Apalagi jika kamu tidak cocok dengan bahan aktif yang terkandung di dalam serum tersebut.

Supaya kamu tidak salah pilih, berikut ini informasi mengenai kandungan, manfaat serta cara penggunaan serum wajah, seperti dirangkum HR Online dari laman alodokter, Senin (13/05/2019).

Apa Saja Manfaat Serum Wajah?

Seperti telah disebutkan di atas, bahwa bahan aktif yang terkandung di dalam serum akan menentukan manfaatnya. Sehingga, kamu harus teliti saat memilihnya. Karena, beda masalah kulit maka berbeda pula jenis serum yang harus kamu gunakan. Berikut ini penjelasannya;

Serum untuk Kulit Kering dan Kendur

Untuk menangani kulit kering, kendur dan bersisik, gunakan serum yang mengandung vitamin E, nicinamide, dan asam glikolat.

Selain itu, sejumlah produk serum untuk kulit kering dan kendur juga mengandung ceramide yang bermanfaat menjaga kelembapan kulit.

Serum untuk Bintik/Noda Gelap pada Kulit

Manfaat serum wajah bisa untuk mengatasi bintik hitam atau noda-noda gelap di kulit. Namun, untuk mengatasi masalah tersebut, pilih serum yang mengandung asam ferulat (ferulic acid), asam azaleat, vitamin C dan kojic acid.

Mungkin juga beberapa produk serum mengandung vitamin E, arbutin, dan asam glikolat yang memiliki manfaat sama.

Serum untuk Kulit Berjerawat

Untuk menangani kulit berjerawat, gunakan serum yang mengandung asam salisilat dan retinol (tretinoin). Kandungan tersebut berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, mencegah terjadinya penyumbatan pada pori-pori, serta membantu pengelupasan kulit, sekaligus juga untuk meredakan peradangan yang ditimbulkan akibat jerawat.

Serum untuk Memperlambat Penuaan

Manfaat serum wajah juga bisa untuk mengurangi kerutan dan tanda-tanda penuaan (anti-aging), pilih dan gunakan serum yang mengandung asam ferulat.

Serum anti-aging juga banyak yang mengandung vitamin C, yang mana vitamin C berpengaruh terhadap pertumbuhan kolagen baru.

Kolagen adalah zat alami yang diproduksi oleh tubuh yang memiliki peran untuk kecerahan dan kekenyalan kulit. Jadi, penting buat kamu untuk diingat bahwa tidak semua manfaat serum wajah sama dan aman digunakan.

Jika kamu memiliki kulit sensitif harus teliti dan berhati-hati dalam memilih serum. Karena, ada beberapa serum mengandung zat-zat yang bisa membuat kulit kamu iritasi, diantaranya parfum, mengandung pengawet seperti butylparaben dan methyparaben.

Selain itu, ada juga serum yang mengandung antibakteri, ekstrak tumbuhan, pelarut seperti ethanol dan propylene glycol, serta bahan aktif serum mengandung zat yang bersifat asam, seperti vitamin C, tretinoin dan asam salisilat. (Eva/R3/HR-Online)